Samsung Curi Momen di CES 2019, Huawei Keluarkan Pesona

Renat Sofie Andriani
Senin, 14 Januari 2019 | 15:34 WIB
Samsung/Reuters
Samsung/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung mungkin telah mencuri momen para pencinta gadget dalam CES 2019 yang dihelat pekan lalu dengan mengumumkan tanggal peluncuran Galaxy S10. Tapi bicara soal ponsel terbaik dalam pameran tahunan tersebut, Huawei-lah yang mengeluarkan pesonanya.

Memang ada beberapa ponsel yang menarik untuk diulik dari gelaran CES (Consumer Electronics Show) 2019 pada 8-11 Januari 2019 di Las Vegas. Namun, Huawei Honor View 20 dinilai memiliki fitur unik yang cukup membuat ponsel sekelas besutan Samsung harus berhati-hati.

Dilansir dari CNet, Samsung saat ini adalah merek ponsel terbesar di dunia berdasarkan volume penjualan, tetapi ini tidak cukup. Pasar ponsel melesu, bahkan raksasa teknologi seperti Apple memperingatkan investor mengenai proyeksi penjualan yang lebih lambat.

Model Galaxy S10 yang dengar-dengar akan diluncurkan pada 20 Februari mendatang pastinya perlu benar-benar mengesankan jika Samsung berniat mempertahankan posisinya di puncak.

Samsung Curi Momen di CES 2019, Huawei Keluarkan Pesona

Haruskah Samsung benar-benar mencemaskan bakal terguling dari puncak? Well, Huawei, yang menggeser Apple untuk menghuni nomor dua, sendiri tidak leluasa bercokol di spotnya.

Akses perusahaan asal China tersebut, yang juga merupakan salah satu nama terbesar dalam produksi peralatan telekomunikasi, telah dibatasi oleh pemerintahan negara-negara Barat karena kekhawatiran atas dugaan keterlibatan tindak spionase bekerja sama dengan pemerintah China.

Meski Huawei menampik semua tuduhan spionase dan berkeras mematuhi hukum setempat di mana pun perusahaan beroperasi, kesepakatan yang dibukukan para peritel mengering sejak tahun lalu, belum lagi terganjal insiden tertangkapnya dua pegawainya baru-baru ini.

Bisnis Huawei mungkin terancam, tetapi pamor ponselnya meningkat. Ponselnya tampak melampaui model andalan Samsung dengan tiga kamera belakang, seperti Huawei P20 Pro dan Mate 20 Pro, pembaca sidik jari di layar, dan warna yang eye catchy, seperti Honor View 20 yang tampil dalam CES.

Honor secara resmi mengungkap kehadiran Honor View 20 di China, Rabu (26/12). Perangkat tersebut nantinya akan diperkenalkan secara global pada 22 Januari di Paris, Prancis.

Samsung Curi Momen di CES 2019, Huawei Keluarkan Pesona

Dikutip dari Phone Arena, perangkat baru Honor tersebut merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan nanolithography untuk membuat nanotexture tak terlihat di sisi belakang.

Selain itu, Honor View 20 mengadopsi desain lubang O pada kamera depan untuk memaksimalkan area tampilan layar. Menurut Honor, View 20 adalah smartphone pertama yang menyertakan layar FullView 3.0 dan rasio badan-ke-layar yang luar biasa, 91,8%.

Di dalam hole View 20 ada kamera selfie 25 megapiksel, dengan diameter 4,6 mm yang diklaim lebih kecil dari yang ditawarkan Samsung, seperti dilansir South China Morning Post.

Samsung memasuki 2019 dengan keuntungan dukungan yang kuat dari mitranya, tetapi momentumnya melesu. Setelah kuartal ketiga berakhir pada Oktober 2018, Samsung mengatakan pihaknya mencapai penjualan model unggulan yang solid dan bahwa total pengiriman smartphone tetap datar karena penurunan penjualan produk menengah ke bawah.

Meski Samsung memperkirakan penjualan akan meningkat pada 2019, situasi tadi bukanlah hal yang membangkitkan kepercayaan.

Samsung Curi Momen di CES 2019, Huawei Keluarkan Pesona

Sementara itu, penjualan Huawei telah tumbuh terlepas dari penutupan akses di Amerika Serikat (pasar ponsel terbesar kedua di dunia setelah China), dan perangkatnya berinovasi lebih cepat. Beberapa hari sebelum CES, Huawei mengumumkan menjual 200 juta unit di semua divisi, termasuk line Honor tingkat menengah.

Jadi, jelas Samsung harus siap melampaui produk rival-rivalnya untuk membuat Galaxy S10 nanti laku besar, jika tidak memberikan sesuatu yang mengejutkan dan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper