Menjajal Video Call dari Morotai ke Natuna

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjajal kualitas jaringan internet dan seluler yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.
Dhiany Nadya Utami | 03 Januari 2019 06:17 WIB
Menkominfo Rudiantara (kiri) didampingi Bupati Pulau Morotai Benny Laos (kanan) mengajak Danlanud Leo Watimena Kolonel Arif Budhiyanto untuk melakukan videocall dengan Danlanud Ranai Azhar Aditama yang tengah berada di kepulauan Natuna menggunakan fasilitas internet dari network operation center (NOC) Palapa Ring Tengah di Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, MOROTAI SELATAN — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjajal kualitas jaringan internet dan seluler yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Morotai, Rudiantara mengunjungi dua lokasi yakni network operation center (NOC) jaringan backbone serat optik Palapa Ring Tengah yang terletak di Desa Muhajirin Baru serta base transceiver station (BTS) di Desa Waringin.

Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara menguji kualitas jaringan Wi-Fi yang bersumber dari jaringan serat optik Palapa Ring Tengah dengan melakukan panggilan video sebanyak dua kali.

Panggilan pertama, Rudiantara mengajak Danlanud Leo Watimena Kolonel Arif Budhiyanto untuk melakukan video call dengan Danlanud Ranai Azhar Aditama yang ada di kepulauan Natuna.

Untuk uji coba yang kedua kalinya, Menkominfo menghubungi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sadjojo yang tengah berada di Jakarta.

“Bisa dibayangkan ke depannya, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan 75.000 kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini,” katanya usai melakukan video call, Selasa (2/1/2019).

Dia mengatakan bahwa sementara ini, fasilitas internet dari Palapa Ring Tengah baru dapat dinikmati di sekitar lokasi NOC tersebut via Wi-Fi. Namun, setelah para operator dan ISP (internet service provider) menghubungkan jaringan mereka, masyarakat luas dapat juga merasakan layanan yang sama.

“Nanti tidak hanya Morotai saja, target kami semua kabupaten di Indonesia bisa begini semua. Tunggu saja tahun ini,” kata Rudiantara.

Tag : palapa ring
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top