Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Saoraja Hub, Kalla Group Dorong Berkembangnya Startup di Indonesia Timur

Kalla Group membentuk venture capital untuk menggairahkan pelaku usaha rintisan (startup) di wilayah Indonesia Timur, yang dibarengi dengan pendirian sebuah ruang kolaborasi yang diberi nama Saoraja Hub.
Siti Munawaroh
Siti Munawaroh - Bisnis.com 09 November 2018  |  06:45 WIB
Bangun Saoraja Hub, Kalla Group Dorong Berkembangnya Startup di Indonesia Timur
Presiden Direktur Kalla Group Solihin Jusuf Kalla (kanan) didampingi Corporate Strategic and Development Director Disa R Noviaty menjawab pertanyaan wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/4/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Kalla Group membentuk venture capital untuk menggairahkan pelaku usaha rintisan (startup) di wilayah Indonesia Timur, yang dibarengi dengan pendirian sebuah ruang kolaborasi yang diberi nama Saoraja Hub.

Presiden Direktur Kalla Group, Solihin Jusuf Kalla mengatakan pihaknya berinisiatif mengembangkan sebuah ekosistem pendukung untuk kekayaan intelektual masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

“Kami beri nama Saoraja Hub. Ini adalah incubator atau rumah bagi para innovator, pencipta dan designer dalam pembuatan konsep dan ide,” kata Solihin dalam media gathering Kalla Group, Kamis (8/11) malam.

Dia menuturkan ide pendirian Saoraja Hub ini didasari pemikiran untuk mendorong dan memberi semangat bagi anak-anak muda kreatif di kawasan Timur. Jumlah anak-anak muda kreatif di kawasan ini dinilai cukup banyak, tetapi mereka tidak mampu mengembangkan idenya karena belum ada hub incubator di wilayah ini.

“Hub banyaknya di Jakarta atau Singapura. Kami menyediakan fasilitas untuk mereka,tempatnya ada di Nipah Mall, lokasinya sangat menarik dan kami akan launching Saoraja Hub ini pada Jumat (9/11) besok. Kami menginkubasi ide-ide dari inovator, pencipta,” paparnya.

Setiap tahunnya, lanjut Solihin, Saoraja Hub akan memilih 5 ide terbaik dan selanjutnya akan dijadikan startup. Ide-ide terbaik tersebut diharapkan relevan dengan pengembangan bisnis Kalla Group, meski tidak menutup kemungkinan untuk pengembangan sektor bisnis lainnya.

“Di ujungnya kami akan mengadakan venture capital untuk memberikan funding kepada startup-startup yang terpilih. Saoraja Hub, kalau bisa akan kami kolaborasikan dengan Kalla Group. Namun apabila tidak bisa kami akan carikan funding dengan perusahaan lain,” bebernya.

Salah satu kegiatan Saoraja Hub, menurut Solihin, pihaknya akan mengadakan event Kalla Youth Fest 2018. Kalla Youth Fest akan digelar pada 9 hingga 11 November 2018 di Nipah Mall Makassar, dengan mengundang sejumlah narasumber yang memiliki orientasi pada bisnis rintisan.

Beberapa nama narasumber itu seperti Gubernur Sulawesi Selatan, Wisnutama (Net TV), Riri Reza dan Mira Lesmana (Miles Production), Lembu Wiworojati (Bukalapak),hingga Onky Kurniawan (Grab). Kalla Youth Fest dikemas dalam bentuk kegiatan workshop, pameran, dan instalasi seni.

“Intinya kami berbagi pengalaman, berbagi ide kepada anak-anak muda atau orang tua berjiwa muda agar kami yang di Indonesia Timur lebih semangat lagi, tidak ketinggalan,” tutup Solihin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalla group
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top