Kulit Mangga Jadi Bahan Antikarat untuk Kaleng Makanan

Peni Widarti
Rabu, 11 Juli 2018 | 23:25 WIB
Pekerja memilih buah mangga di desa Kebulen, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selsa (11/7)./ANTARA-Dedhez Anggara
Pekerja memilih buah mangga di desa Kebulen, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selsa (11/7)./ANTARA-Dedhez Anggara
Bagikan


Bisnis.com, SURABAYA - Mahasiswa dari Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil memanfaatkan kulit buah mangga sebagai bahan pencegah korosi pada kaleng makanan.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Ahnaf, Hafildatur Rosyidah dan Dwi Jayanti Putri di bawah bimbingan Harmami.

Dari rilis Rabu (11/7/2018), Ahnaf mengatakan bahwa korosi kerap menjadi permasalahan utama bagi setiap industri, khususnya pada industri makanan kaleng.

"Nah korosi atau terbentuknya endapan cokelat yang menempel pada logam akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak karena korosi itu mengandung senyawa logam berat yang dapat merusak sel dan jaringan pada tubuh makhluk hidup," jelasnya.

Melihat hal tersebut, mahasiswa ini mencoba menggunakan kulit mangga sebagai bahan pencegah korosi. Buah mangga selain mudah diperoleh di Indonesia, ternyata kulitnya mengandung senyawa antioksidan yang memiliki daya inhibisi (hambatan) untuk mencegah timbulnya korosi. 

Dalam pembuatannya, kulit buah mangga terlebih dahulu dikeringkan di bawah sinar matahari selama 2 hari, kemudian diblender menjadi bubuk dan diekstrak dengan metode refluks atau metode ektraksi cara panas (membutuhkan pemanasan pada prosesnya).

“Prinsip dari metode refluks tersebut yakni dengan melakukan pemanasan, penguapan, kondensasi, dan pendinginan,” jelas Ahnaf.

Adapun dalam penelitiannya, sebanyak 75 gram kulit buah mangga menghasilkan 280 mili liter ekstrak atau bahan pencegah korosi. Kemudian, ekstrak tersebut dicampur ke dalam larutan korosif. 

Larutan korosif dibuat dari larutan kimia natrium klorida, berguna sebagai uji korosi pada tin plate, jenis logam dari kaleng makanan. Logam tin plate diteliti oleh tim mengandung baja karbon yang terlapisi timah murni pada kedua sisinya.

"Kami telah membuktikan bahwa pencampuran ekstrak pencegah korosi saat proses pembuatan kaleng makanan mampu mencegah timbulnya korosi dan degradasi timah dari tin plate," katanya.

Hasilnya, menunjukan efisiensi inhibisi sebesar 80% atau kandungan timah dalam kaleng makanan tidak akan terjadi korosi dan degradasi selama pengemasan. 

"Kami berharap inovasi ini bisa digunakan oleh industri makanan kaleng dan bermanfaat bagi masyarakat luas," imbuh Hafildatur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper