Review Huawei Nova 2 Lite: Fitur Teranyar di Harga Terjangkau

Mengusung tagline Double the Camera, Double the Likes sudah pasti fitur kamera jadi andalan Nova 2 Lite.
Dhiany Nadya Utami | 24 Mei 2018 21:04 WIB
Karyawati memperlihatkan ponsel pintar Huawei Nova 2 Lite di Jakarta, Senin (16/4 - 2018).JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Tak mau ketinggalan dengan vendor lain, Huawei baru-baru ini memboyong Huawei Nova 2 Lite ke Indonesia. Mengusung tagline Double the Camera, Double the Likes sudah pasti fitur kamera jadi andalan Nova 2 Lite.

Adik dari Nova 2i hadir dengan dua warna yakni hitam dan biru. Menyasar kaum muda, ponsel ini hadir dengan ukuran layar kekinian yakni 5,99 inci beresolusi 1.440 x 720 piksel dan aspek rasio 18:9. Secara tampilan Huawei Nova Lite 2 terlihat elegan dengan layar penuh (fullview display) plus kaca lengkung 2,5D.

Adapun, tombol daya dan volume sama-sama berada di samping bodi, sementara lubang untuk pengisi daya dan earphone ada di bagian bawah. Di bagian atas ada sensor pemindai untuk fitur Face Unlock dan di tengah belakang ada sensor pemindai sidik jadi dengan teknologi Fingerprint 4.0.

Bisnis berkesempatan menjajal ponsel ini selama sepekan untuk mengetahui bagaimana performanya, terutama dari sisi kamera. 

Dwikamera

Nova 2 Lite dibekali dwikamera di bagian belakang dengan lensa utama 13 MP dan lensa lebar 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh. Untuk mendapatkan efek bokeh, pengguna perlu mengaktifkan mode Wide Aperture pada aplikasi kamera. Saat digunakan, tingkat baur pada latar belakang objek terasa cukup baik, fokus objek terang dan jelas serta latar belakang kabur bagaikan hasil foto kamera digital.

Akan tetapi, Nova 2 Lite mengalami masalah yang sama dengan kamera "ponsel bokeh” milik vendor lainnya yakni pinggiran atau batas antara fokus objek dengan latar belakang sering kali kurang rapi atau “bocor” jika pengguna tak sabar mengambil foto. Namun, hal ini dapat disiasati dengan mengatur ulang fokus kamera setelah pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk fitur tangkapan foto tanpa efek bokeh, kamera Nova 2 Lite menujukkan kualitas terbaiknya ketika digunakan untuk mengambil gambar di luar ruangan pada siang hari atau saat cahaya cukup.

Sebaliknya, saat digunakan di dalam ruangan hasil foto cederung buram kecuali cahaya dalam ruangan mencukupi. Jika cahaya pas-pasan, baiknya menggunakan flash untuk menambah pasokan cahaya agar hasil foto lebih baik.

Begitupun saat digunakan dalam keadaan agak gelap atau malam hari, hasil foto Nova 2 Lite boleh dibilang lumayan tetapi saat hasil gambar diperbesar maka detail-detail gambar terasa kurang sempurna dan warna tidak secerah aslinya.

10 Level Cantik

Adapun untuk swafoto Nova 2 Lite menawarkan kamera depan beresolusi 8 MP dengan teknologi selfie toning flash yang dapat mendeteksi tingkat kecerahan pada wajah pengguna sehingga hasil foto lebih natural.

Huawei mengklaim selfie toning flash ini mampu menyesuaikan pencahayaan dalam kondisi minim cahaya atau bahkan gelap sekalipun. Nyatanya memang fitur satu ini amat berguna bagi para penggemar swafoto. Bahkan, di kondisi minim cahaya rasanya hasil kamera depan Nova 2 Lite lebih baik dibandingkan dengan kamera belakangnya.

Tak ketinggalan, sebagai ponsel masa kini, Nova 2 Lite juga memiliki mode beauty untuk memaksimalkan hasil swafoto. Mode ini memiliki 10 beauty level yang menariknya, saat disetel ke level tertinggi pun hasil foto masih tampak natural dan tak terlihat “palsu” seperti mode beauty yang ada di merek lain.

Secara keseluruhan, tak banyak fitur yang tersedia pada kamera Nova 2 Lite. Beberapa mode tambahan yang dapat dipasang pengguna adalah fitur Good Food yang berguna menambah kekayaan warna untuk foto yang lebih menarik, fitur Watermark yang tentunya berguna menambah tanda air pada foto, dan fitur Document Scan.

Untuk dalaman, Huawei  Nova 2 Lite mengusung cipset Snapdragon 430 Octa-core dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB. Bagi pengguna yang gemar menyimpan banyak data, dapat menambah memori melalui kartu microSD. Ponsel ini memiliki 3 slot kartu yakni dua untuk kartu SIM dan satu untuk microSD.

Dengan spesifikasi tersebut, kinerja Nova 2 Lite terbilang cukup memuaskan. Kendati digunakan untuk membuka beragam aplikasi bersamaan, performa ponsel tetap terasa cepat dan lancar. Namun, untuk bermain gim disarankan agar menyetel pengaturan kualitas gambar di level rendah atau menengah untuk kelancaran permainan karena jika diset pada level tinggi atau ultra-tinggi, ceredung terasa sedikit patah-patah.

Bebas Gangguan

Ada satu fitur yang menarik bagi para penggemar gim yakni mode Game Suite yang memungkinkan pengguna bermain gim tanpa interupsi karena seluruh notifikasi yang masuk akan otomatis muncul dalam bentuk getaran, termasuk saat ada panggilan telepon.

Kapasitas daya Huawei Nova 2 Lite dengan baterai 3.000 mAh juga lumayan panjang umur. Meski terhubung ke internet nonstop, ponsel ini mampu bertahan hampir 24 jam dengan sekali pengisian daya. Adapun saat memainkan gim atau menonton video selama setengah jam, baterai berkurang sekitar 6%—8%.

Fitur lain yang dimiliki Nova 2 Lite adalah pemindai sidik jari dan pemindai wajah untuk membuka kunci ponsel. Respons kedua fitur ini cukup cepat dalam mendeteksi penggunanya, tetapi untuk Face Unlock memerlukan kondisi cahaya yang cukup. Jika kondisi agak gelap, ponsel lebih sulit memindai wajah pengguna dan lebih baik membuka kunci dengan sidik jari.

Untuk ponsel seharga kurang dari Rp3 juta, performa dan spesifikasi yang ditawarkan Nova 2 Lite sebenarnya menggiurkan dan cukup sepadan. Namun, jika dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya, masih ada beberapa vendor yang menawarkan pengalaman lebih dengan harga yang mungkin lebih terjangkau.

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top