Tips Mengatur Waktu Berselancar di Internet

Untungnya cukup banyak alat yang tersedia saat ini untuk mengatur waktu untuk membaca laman web dengan lebih baik dan efisien.
Gombang Nan Cengka | 22 Mei 2018 13:07 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone - CC0

Bisnis.com, JAKARTA — Berselancar di internet kini bukan lagi hanya tuntutan pekerjaan atau sekolah. Banyak orang menjelajah internet untuk menghabiskan waktu luang, sebagian bahkan terobsesi hingga terperangkap memilih tautan demi tautan.

Sebegitu banyak hal yang menarik di internet, terkadang kita kesulitan melahap seluruh konten yang menarik di waktu yang tersedia. Sering juga kejadian, kita melupakan alamat web konten menarik yang kita temukan saat berselancar di dunia maya.

Untungnya cukup banyak alat yang tersedia saat ini untuk mengatur waktu untuk membaca laman web dengan lebih baik dan efisien.

Beberapa peralatan ini sudah tersedia di perangkat lunak yang biasa Anda gunakan untuk berselancar di situs web yaitu peramban (browser). Ada pula yang menuntut Anda untuk memasang aplikasi dan masuk log ke layanan tambahan.

Secara garis besar, laman web yang Anda baca bisa dibagi jadi beberapa jenis: penting dan harus dibaca saat ini (dan disimpan), penting tetapi bisa dibaca kemudian, dan tidak penting dan bisa dibaca kemudian (atau tentunya tidak perlu dibaca sama sekali).  Bagaimana caranya menangani semua ini?

 

Dengkur

Menemukan laman web menarik tetapi Anda tidak punya waktu sekarang? Fitur Snooze Tab bisa menjadi solusi. Fitur ini menyimpan tab peramban dan kemudian memunculkannya lagi pada waktu yang ditentukan. Snooze Tab berguna terutama bila Anda sebenarnya ingin membaca suatu laman web tetapi harus membaca laman lain yang lebih penting dan urgen.

Biasanya saya menggunakan fitur ini untuk menunda membaca laman web yang menarik tetapi tidak penting. Bila laman tersebut dianggap cukup penting saya lebih suka menggunakan layanan “baca kemudian” seperti Pocket.

Untuk mendapatkan fitur Snooze Tab, Anda harus memasang ekstensi peramban misalnya https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/snoozetabs/ untuk Firefox, dan http://www.tabsnooze.com/ untuk Chrome.

 

Markah

Bila laman web tersebut ingin Anda baca lagi, markah buku merupakan fitur terintegrasi ke peramban yang bisa Anda gunakan untuk menyimpannya.

Fitur markah buku (biasa dibilang favorites/bookmark) sudah ditemukan dari, terintegrasi ke dalam peramban generasi awal. Fitur ini pada dasarnya bertujuan untuk menyimpan daftar situs dan laman web yang sering dikunjungi, agar lebih mudah ditemukan lagi. Sebelum situs mesin pencari bermunculan, markah buku bisa dibilang sangat membantu untuk mengingat laman dan situs web yang dianggap menarik. Meskipun mesin pencari pada saat ini sudah mengurangi pentingnya markah buku, fitur ini masih cukup membantu untuk menyimpan laman web yang ingin Anda baca lagi.

Informasi yang disimpan dalam markah buku bisa disimpan dan diselaraskan antara komputer dan ponsel. Sayangnya markah buku ini biasanya hanya diselaraskan antara peramban yang sama: Anda tidak bisa menyelaraskan markah buku di Firefox di komputer dengan Chrome. Masalah ini bisa dipecahkan dengan layanan social bookmarking seperti Delicious.com, yang bisa digunakan baik pada Chrome maupun Firefox.

Pengguna Google yang enggan masuk ke layanan lain mungkin bisa menggunakan fitur Google Bookmarks (http://www.google.com/bookmarks). Pelayanan ini menyediakan bookmarklet yang dapat digunakan untuk menambahkan laman web ke daftar di Google Bookmarks dengan cepat. Bookmarklet ini bisa dipasang di hampir semua peramban.

 

Simpan Laman

Beberapa laman web bisa jadi terlalu panjang untuk dibaca dengan cepat, atau Anda tidak punya waktu untuk membacanya sekarang. Berbagai layanan “baca kemudian” tersedia untuk keperluan ini. Dua yang terkenal adalah Pocket dan Instapaper, tetapi saya juga sering menggunakan Evernote untuk keperluan ini.

Saya biasa menggunakan layanan “baca kemudian” ketika mengumpulkan bahan riset di internet. Biasanya saya akan membaca cepat berbagai laman web, dan menyimpan laman yang dianggap menarik untuk nantinya dibaca dengan lebih teliti.

Keuntungan layanan seperti ini adalah kemampuannya untuk menyimpan laman secara luring, sehingga kemudian bisa dibaca tanpa sambungan internet. Pocket dan Instapaper juga memformat ulang laman web yang disimpan, sehingga lebih sederhana dan bebas dari iklan dan pemformatan lain yang tidak perlu.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top