Review Zenfone Max Pro M1: Baterai Jumbo untuk Gamers

Di atas kertas, baterai Zenfone Max Pro M1 yang besar serta dapur pacu Qualcomm Snapdragon 636 sangat pas buat game.
Dhiany Nadya Utami | 21 Mei 2018 13:03 WIB
Smartphone Asus Zenfone Max Pro M1, yang didesain khusus untuk para gamers mobile - Asus

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi para gamers, baterai besar adalah anugerah. Keseruan bermain gim tak perlu terganggu jeda pengisian daya dan bisa bermain sepuasnya selama berjam-jam.

Asus sepertinya melihat peluang ini dengan jeli. Ponsel teranyarnya, Zenfone Max Pro M1, hadir dengan baterai jumbo 5.000 mAh dan melabelinya sebagai ponsel bagi para gamers. Tak tanggung, sebagai penegasan Asus menyematkan jargon “Limitless Gaming” pada ponsel ini.

Lantas, bagaimana performa ponsel dengan baterai besar satu ini? Bisnis berkesempatan menjajal Zenfone Max Pro M1 varian RAM 4GB dan ROM 64 GB selama lebih kurang sepekan untuk merasakan kemampuannya.

Aspek yang pertama kali menarik perhatian tentu kemampuan gaming-nya. Di atas kertas, baterai Zenfone Max Pro M1 yang besar serta dapur pacu Qualcomm Snapdragon 636 berarsitektur Kryo 260 yang dipadukan dengan GPU Adreno 509, plus keleluasaan RAM 4GB membuat ponsel ini seharusnya punya performa yang baik.

Saat dicoba untuk memainkan salah satu gim populer Player Unknown’s Battlegrounds Mobile ternyata performanya tak mengecewakan. Kendati disetel pada kualitas grafik definisi tinggi, permainan terasa lancar. Namun, saat dikombinasikan dengan frame-rate tinggi, sesekali agak patah tapi tidak mengganggu pemainan.

Saat keduanya disetel pada mode paling maksimal, konsumsi daya baterai juga menjadi lebih boros dan ponsel terasa lumayan panas dalam genggaman. Saat digunakan bermain selama 2 jam pada mode ini, baterai menyusut sekitar 45%. Untuk gim ini, menyetel frame-rate pada mode medium rasanya sudah cukup oke.

Kemudian dari segi tampilan, Zenfone Max Pro M1 layar 5.99 inci dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi 2.160 x 1.080 piksel atau Full HD+. Kualitas layarnya pada level ini cukup memuaskan untuk bermain gim dan menonton video.

Selain itu, bodinya tipis dan desain pinggir melengkung membuatnya nyaman digenggam dan enak digunakan. Zenfone Max Pro M1 juga terasa lumayan ringan meski baterainya besar. Adapun secara desain tak ada yang istimewa dari ponsel ini karena tak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel lain di kelasnya.

 

Dual-Camera

Performa gaming Zenfone Max Pro M1 boleh dibilang tak mengecewakan dan cukup sesuai dengan klaimnya. Kemudian untuk fitur lainnya, sebagai ponsel masa kini, tak lengkap rasanya jika tak mengusung kamera ganda.

Zenfone Max Pro M1 memiliki dwi-kamera di bagian belakang dengan kekuatan 16 MP dan 5 MP serta kamera depan 16 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh yang sedang jadi idola.

Saat masuk ke fitur kamera, terlihat cukup sederhana. Pada bagian atas ada 5 ikon yang tampil yakni ikon mode kamera, ikon filter, ikon untuk mengganti mode ke kamera belakang, ikon Beautify, dan ikon Depth Effect (untuk foto bokeh).

Adanya dwi-kamera membuat Zenfone Max Pro M1 mampu menghasilkan foto bokeh. Namun, sayang tidak dilengkapi setelan khusus pada kamera untuk mengatur tingkat kebokehannya. Hasil bokehnya cukup rapi meski lumayan lama untuk menentukan fokusnya.

Sementara itu, untuk kamera depan, kemampuan swafoto Zenfone Max Pro M1 tidak mengecewakan. Sama seperrti kamera belakang, pada mode kamera depan pun ada 5 ikon yang tampil dalam menunya.

Untuk mode cantik atau Beautify tersedia pilihan tiga pilihan otomatis untuk mengatur level efek polesan. Ada juga pilihan manual untuk mengatur kehalusan wajah dan kecerahan wajah. Berdasarkan pengalaman mencoba, lebih baik untuk tidak menggunakan Beautify karena hasil foto tampak tidak natural.

 

Setelan Optimal

Pada video, Zenfone Max Pro M1 menawarkan pilihan kualitas yang cukup beragam mulai dari QVGA hingga 4K Ultra HDCI yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk penggunaan sehari-hari, dalaman mumpuni Zenfone Max Pro M1 membuat ponsel ini nyaman digunakan untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus tanpa mengalami lag. Selain itu, jika digunakan untuk pemakaian normal, baterainya dapat bertahan hingga hampir 24 jam.

Zenfone Max Pro M1 juga dilengkapi fitur keamanan pemindai sidik jari, tetapi belum mengusung pemindai wajah. Kabarnya, fitur ini akan muncul pada pembaruan sistem yang akan datang. Sementara, pemindai jari juga terasa sudah cukup, apalagi responsnya baik dan lumayan cepat.

Secara keseluruhan, tak salah rasanya jika Asus melabeli Zenfone Max Pro M1 dengan sebutan “Limitless Gaming” karena memang ponsel ini nyaman digunakan untuk bermain gim termasuk gim berat seperti Player Unknown’s Battlegrounds Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang. Hanya saja perlu diakali untuk menyetel grafik dan frame-rate tidak terlalu tinggi demi performa maksimal dan baterai yang lebih awet.

Untuk harga di bawah Rp3 juta dengan baterai besar, dalaman oke, dan kamera yang kekinian—ponsel ini menarik—baik untuk para gamers maupun non-gamers

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top