Jam Dinding GPS dari Dunia Ajaib Harry Potter

Bila Anda ingin memiliki jam seperti ini, DC Creatives, sebuah perusahaan di Amerika Serikat siap menawarkannya mulai bulan Juni 2018.
Gombang Nan Cengka | 22 April 2018 14:14 WIB
Produk Stata Clock buatan DC Creatives - DC Creatives

Bisnis.com, JAKARTA - Novel Harry Potter penuh dengan beragam barang unik yang beroperasi dengan kekuatan gaib. Salah satunya adalah jam ajaib yang terpasang di rumah keluarga Weasely.

Jarum jam tersebut tidak menunjukkan waktu, tetapi lokasi masing-masing anggota keluarganya, seperti sekolah, rumah, bepergian, atau “dalam bahaya”. Bila Anda ingin memiliki jam seperti ini, DC Creatives, sebuah perusahaan di Amerika Serikat siap menawarkannya mulai bulan Juni 2018.

Jam yang diberi nama Stata Clock ini tentunya tidak bekerja menggunakan sihir seperti pada cerita Harry Potter, tetapi menggunakan teknologi GPS (global positioning system) dan ponsel pintar.

Pengguna Stata Clock memasang aplikasi di ponselnya, yang akan menentukan dan menandai perubahan lokasi ke jam yang terpasang di rumah. Seperti pada jam biasa, jarum jam bisa menunjuk ke 12 posisi, yang masing-masing menandai lokasi salah satu penggunanya.

Pengguna aplikasi harus memasukkan data berbagai lokasi terlebih dahulu, antara lain rumah (Home), kantor (Work), sekolah (School), Gym,  Friends (tempat tinggal teman). Stata Clock juga mengenali tempat-tempat khusus seperti bandara (Airport) dan rumah sakit (Hospital). Bila penggunanya sedang bepergian, Stata Clock akan menandainya dalam keadaan In Transit, dan bila dia sedang berada di luar negeri, jam ini akan menunjukkan keadaan Abroad.

Stata Clock terbuat dari bahan kayu, sedangkan jarumnya sendiri terbuat dari aluminium. Desain jam ini dibuat sedemikian rupa sehingga cocok untuk ditaruh di dalam ruangan. Agar dapat terhubung dengan internet, Stata Clock menggunakan Bluetooth Low Energy untuk terkoneksi dengan Wi-Fi rumah.

Data lokasi sendiri sebenarnya adalah informasi sensitif, yang belum tentu aman untuk dibagi ke semua orang. Pembuat jam ini tampaknya menyadari hal ini. Pengguna aplikasi Stata Clock bisa mengatur tingkat privasinya, sehingga tidak semua data lokasi akan dibagikan ke jam dinding tersebut.

Sebagai contoh, salah satu teman Anda mungkin tidak ingin berbagi lokasi kantornya. Stata Clock tidak akan pernah memberi tahu dia sedang berada di kantor.

Meskipun informasi perubahan lokasi dari ponsel harus melewati peladen milik DC Creatives terlebih dahulu, pembuat Stata Clock ini menjamin bahwa data lokasi tersebut akan dihapus segera setelah berhasil dikirim ke jam masing-masing. Jam dinding ini memang memiliki kemampuan untuk menyimpan data.

DC Creatives menggunakan situs web Kickstarter untuk menghimpun dana awal pembuatan produk Stata Clock ini sejak bulan September 2017 lalu. Perusahaan yang didirikan oleh suami-istri Eric dan Kristie D’Ambrossio-Correll ini telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak US$36.000, lebih banyak daripada yang dibutuhkannya untuk memulai produksi.

Tag : elektronik
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top