Tiga Lensa Leica di Huawei P20 Pro

Kamera belakang ponsel ini diperkuat dengan sensor RGB dengan resolusi 40 megapiksel.
Dhiany Nadya Utami | 28 Maret 2018 19:45 WIB
Ponsel Huawei P20 Pro dengan tiga kamera belakang - Huawei

Bisnis.com, JAKARTA — Huawei pada Selasa malam (27/3/2018) memperkenalkan Huawei P20 Pro, ponsel yang dilengkapi dengan kamera mumpuni. Tidak tanggung-tanggung, tiga lensa Leica terpasang di punggung smartphone tersebut.

Huawei P20 Pro adalah ponsel dengan kapasitas resolusi tertinggi di pasaran saat ini. Kamera belakang ponsel ini diperkuat dengan sensor RGB dengan resolusi 40 megapiksel, lensa mono dengan kekuatan sensor 20 megapiksel, dan lensa telephoto dengan sensor beresolusi 8 megapiksel.

Ketiga kamera memiliki fungsi yang berbeda. Kamera bersensor RGB berfungsi mengambil gambar dengan titik warna sekecil mungkin.

Namun, jumlah piksel besar biasanya menimbulkan masalah noise pada cahaya yang redup. Alasannya, smartphone butuh waktu yang lebih panjang untuk merekam seluruh warna. Sebagai solusi, menggunakan peranti lunak untuk menggabungkan beberapa piksel sewarna untuk mempercepat perekaman gambar.

Kamera mono berfungsi dilengkapi sensor perekam warna hitam dan putih. Kelebihan sensor monokrom adalah kemampuan menangkap kedalaman gambar dengan lebih baik. Perbedaan antara objek foto utama dan latar menjadi lebih tajam. Ini menunjang efek baur atau bokeh.

Sensor telephoto yang dilengkapi dengan lensa 3x zoom berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mengambil gambar dari jarak jauh. Hasilnya, gambar yang diambil bisa diperbesar hingga 5x dengan mempertahankan ketajaman warna.

Kameranya diklaim mampu melakukan fotografi minim cahaya dengan amat baik berkat ISO 102400 yang diusungnya. Sementara untuk kamera depan seri P20 Pro ini disematkan lensa 24 megapiksel dan mendukung fixed focal length.

Huawei P20 diluncurkan bersamaan dengan Huawei P20 Pro. Huawei P20 memiliki dwi-kamera Leica dengan kamera sensor 12 MP dan sensor monokrom 20 megapiksel.

Dari sisi dalaman, Huawei P20 dan P20 Pro memiliki dapur pacu Huawei Kirin 970 CPU octa core+ dengan kapasitas RAM 6GB dan 128GB ROM. Didukung pula oleh baterai 4.000 mAh yang disebut mampu bertahan seharian.

Kedua ponsel ini tersedia secara global per 27 Maret dengan harga €649 atau setara Rp11.033.000 untuk P20 dan €899 atau setara dengan Rp15.283.000 untuk P20 Pro.

Adapun, untuk tanggal rilis di Tanah Air, distributor Huawei Indonesia GND Imperium Perkasa belum dapat mengumumkan kapan pastinya ponsel tersebut masuk ke Indonesia.

"Saya hanya bisa mengumumkan untuk Indonesia yang masuk adalah P20 Pro," ujar Training Manager GND Imperium Perkasa Ori di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top