Intel : Perbaikan Microchip Tak Perlambat Performa

Gemal AN Panggabean
Jumat, 5 Januari 2018 | 15:49 WIB
Intel/Reuters-Kim Kyung^Hoon
Intel/Reuters-Kim Kyung^Hoon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Intel Corp (INTC.O) perusahaan perangkat keras komputer menyebutkan, perbaikan untuk masalah keamanan di microchip-nya tidak akan memperlambat komputer.

Hal ini menolak kekhawatiran bahwa kekurangan yang ditemukan pada mikroprosesor akan mengurangi kinerja secara signifikan.

Dilansir dari reuters, Jumat (5/1) Intel mengatakan bahwa isu tersebut bukan disebabkan oleh cacat desain dan meminta pengguna untuk mendownload patch dan memperbarui sistem operasi mereka.

Sebelumnya, saham Intel turun hampir 2% pada hari Kamis (4/1) karena investor mengkhawatirkan potensi kewajiban finansial dan kerusakan dari isu keamanan yang baru-baru ini diungkapkan.

Pembuat chip terbesar mengkonfirmasi, masalah keamanan yang dilaporkan oleh para periset di mikroprosesor yang banyak digunakan perusahaan dapat memungkinkan peretas mencuri informasi sensitif dari komputer, telepon dan perangkat lainnya.

Peneliti keamanan telah mengungkapkan, dua kelemahan keamanan yang mengekspos kerentanan hampir semua perangkat komputasi modern yang mengandung chip dari Intel, Advanced Micro Devices Inc (AMD.O) dan ARM Holdings.

Pertama, yang disebut Meltdown, mempengaruhi chip Intel dan memungkinkan hacker melewati penghalang perangkat keras antara aplikasi yang dijalankan oleh pengguna dan memori komputer, yang berpotensi membiarkan peretas membaca memori komputer dan mencuri kata kunci.

Kedua, yang disebut Spectre, mempengaruhi chip dari Intel, AMD dan ARM dan memungkinkan hacker berpotensi mengelabui aplikasi yang bebas dari kesalahan untuk melepaskan informasi rahasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper