Ini Tren Jual Beli Otomotif di Platform OLX Pada Semester I/2017

Agne Yasa
Rabu, 23 Agustus 2017 | 20:43 WIB
Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian (kanan), disaksikan Head of Marketing CommunicationTunas Group Rahmanda Rizki memberikan penjelasan peluncuran program #AmazingSeller bersama Tunas Toyota di Jakarta, Jumat (17/2)./JIBI-Dedi Gunawan
Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian (kanan), disaksikan Head of Marketing CommunicationTunas Group Rahmanda Rizki memberikan penjelasan peluncuran program #AmazingSeller bersama Tunas Toyota di Jakarta, Jumat (17/2)./JIBI-Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — OLX, platform iklan baris online mengumumkan pencapaiannya untuk barang-barang otomotif atau kendaraan bermotor pada Semester I/2017, di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Barang-barang otomotif atau kendaraan bermotor menjadi salah satu kategori yang paling banyak diminati oleh pengguna OLX.

Edward Kilian Suwignjo, Chief Marketing Officer OLX Indonesia, mengatakan berdasarkan data terakhir OLX, terdapat lebih dari 140.000 orang yang memanfaatkan OLX untuk menjual mobil bekas dan lebih dari 150.000 orang menjual motor bekas setiap bulannya.

Adapun jumlah calon pembeli yang sangat besar yaitu mencapai 580.000 setiap bulan untuk mobil dan 550.000 setiap bulan untuk motor, diklaim menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan OLX karena membantu mereka menjual kendaraan bermotor bekasnya dengan sangat cepat.

Dalam catatan OLX, transaksi yang difasilitasi oleh OLX untuk kategori mobil bekas senilai Rp26 triliun setiap bulannya dan untuk motor bekas senilai Rp1,5 triliun setiap bulannya.

Di Indonesia, mobil segmen MPV menjadi primadona di kalangan masyarakat luas. Penjualan mobil segmen MPV, di Indonesia, masih menjadi yang tertinggi. Kondisi yang sama juga terjadi di pasar jual-beli mobil bekas online, OLX.

Menurut data OLX di kuartal kedua 2017, iklan-iklan mobil MPV mendominasi dengan total presentase 45,2%, disusul oleh hatchback dengan 19,1%, sedan 16,8% dan SUV 16,3%.

Agung Iskandar, Chief Commercial Officer OLX Indonesia, mengatakan peluncuran mobil-mobil baru di segmen MPV pada gelaran GIIAS lalu, membuat segmen ini akan tetap merajai jual-beli mobil bekas, di OLX.

"Tingginya minat masyarakat atas MPV baru membuat persentase penjualan segmen MPV di pasar mobil bekas akan cenderung stabil bahkan naik di kisaran 45% sampai 50%," katanya.

Data OLX yang terangkum dalam Otojurnal Tren Industri Mobil Bekas di Indonesia menunjukkan bahwa harga mobil bekas cenderung turun di tengah tahun karena banyaknya mobil baru yang diluncurkan.

Kemudian, pertengahan tahun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil karena rata-rata harga mobil bekas turun sampai 20%, dan tren ini juga terjadi pada kuartal yang sama dua tahun berturutan.

Meskipun demikian, penjual mobil dinilai tetap dapat diuntungkan mengingat data menunjukkan bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan kecepatan penjualan mobil bekas.

Edward mengatakan melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata tiga hari lebih cepat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Rata-rata dibutuhkan waktu enam hari bagi sebuah mobil untuk laku, di OLX. Bahkan, untuk beberapa tipe, waktu yang dibutuhkan dapat lebih singkat. Avanza, secara rata-rata hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Sementara Daihatsu Xenia dan Toyota Agya membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk laku.

Selain mobil bekas, kategori mobil di OLX juga menjadi tempat bagi terjadinya transaksi aksesoris, spare part, audio mobil maupun ban dan velg. Jumlah iklan atas barang-barang tersebut per bulannya mencapai angka 129.000. Iklan mengenai barang-barang tersebut setiap bulannya dicari oleh 223.000 orang calon pembeli.

Untuk kategori sepeda motor di OLX mempunyai pola transaksi yang cukup berbeda dibandingkan dengan mobil. Siklus seseorang berganti sepeda motor cenderung lebih cepat dibandingkan dengan mobil. Seseorang bisa berganti motor dalam periode dua atau tiga tahun. Iklan-iklan motor yang terhitung keluaran baru juga mulai terlihat di OLX.

“Sepeda motor yang terhitung baru, seperti Yamaha NMAX misalnya, menjadi salah satu sepeda motor yang paling diminati di OLX,” kata Agung.

Perilaku lain yang cukup unik dari pengguna OLX, khususnya pembeli, di kategori sepeda motor, adalah mengenai tingginya jumlah pencarian untuk dua jenis motor sport; Kawasaki Ninja dan Yamaha RX King.

Dari segi jumlah iklan, dua tipe sepeda motor ini bukan merupakan yang paling tinggi. Pencarian atas Kawasaki Ninja dan Yamaha RX King masuk dalam jajaran lima motor dengan pencarian terbanyak di OLX, bersama Honda Vario, Yamaha Mio, dan Honda Beat. Jumlahnya mencapai 30 juta pencarian untuk Ninja, dan 16 juta untuk Yamaha RX King.

Sama halnya dengan kategori mobil, kategori sepeda motor di OLX juga menyediakan tempat bagi terselenggaranya jual-beli atas barang-barang seperti aksesoris, spare part dan juga helm. Setiap bulannya terdapat 276.000 pengguna yang mencari aksesoris motor dengan jumlah iklan mencapai 81.000. Iklan mengenai aksesoris, spare part, dan juga helm, memiliki peminat yang sangat besar.

“Kami berharap, OLX dapat terus menjadi andalan pengguna untuk menjual dan membeli berbagai jenis barang, termasuk mobil, motor, dan aksesorisnya,” kata Edward.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper