Ini Dia 10 Tip Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis Online

Dewi Andriani
Senin, 21 Agustus 2017 | 15:27 WIB
Facebook Graph Search./Istimewa
Facebook Graph Search./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Media sosial kini tidak hanya berfungsi untuk menjembatani pertemuan antar sahabat lama yang tak bertemu.

Beberapa di antaranya sudah dimanfaatkan sebagai media yang potensial untuk menjalankan bisnis, misalnya saja Facebook.

Dengan pengguna yang sudah mencapai 2 miliar pengguna, Facebook menjadi ladang pemasaran baru bagi para pengusaha online.

Meski demikian, tidak semua masyarakat tahu bagaimana caranya menghasilkan uang melalui facebook sebab sebagian besar hanya menggunakannya untuk update status atau mencari berbagai informasi.

Juanda Rovelim, Praktisi Digital Marketing, membocorkan strategi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk melalui Facebook.

Pertama, pilihlah jadwal posting yang tepat. Misalnya, jika target market-nya karyawan, maka waktu yang tepat untuk memposting ialah ketika di pagi hari, saat makan siang, dan setelah jam kerja.

Kedua, membuat status dengan menggunakan gambar atau video. Sebab, memasarkan produk melalui gambar bisa menaikkan interaksi sekitar tiga hingga lima kali dibandingkan hanya berupa kata-kata.

Ketiga, update status atau lakukan promosi secara konsisten sehingga dapat meningkatkan brand awareness kita di mata konsumen.

Keempat, rajin melakukan interaksi dengan para pengguna facebook, terutama pihak yang dinilai menjadi target market kita. Sebab, facebook hanya akan menampilkan postingan kita kepada orang yang sering berinteraksi dengan kita. Jika pun memiliki 1.000 pertemanan, tetapi hanya 100 orang yang sering berinteraksi, maka facebook pun lebih sering menampilkan profil kita kepada 100 orang yang sering berinteraksi.

Kelima, gunakan facebook graph search. Ini seperti halnya memancing. Jika target kita adalah perempuan yang suka berhijab maka search hijab dan jadikan pengguna facebook yang menyukai hijab sebagai teman karena itu akan menambah potensial market.

Keenam, gunakan facebook ads. Hanya dengan bermodal Rp13.000 per hari, kita sudah dapat memanfaatkan facebook ads dengan target pasar yang lebih spesifik sesuai kebutuhan. Bahkan facebook akan memberikan data mendalam setelah iklan selesai sebagai bahan evaluasi. Gunakan facebook ads untuk produk yang kita anggap premium.

Ketujuh, gunakan facebook audience insight. Terutama ketika hendak memasang facebook ads. Sebab, melalui fitur ini, kita bisa mendapatkan target market yang lebih terukur dan tepat sasaran.

Kedelapan, gunakan facebook pixel. Fitur ini sangat bermanfaat ketika seseorang mengakses website kita, maka setelah dia menutupnya dan membuka facebook kembali maka dia akan “dibayangin” dengan gambar atau konten yang ada di website kita sehingga itu dapat menjadi alat marketing kita untuk mengingatkan kembali calon konsumen.

Kesembilan, otomatisasi postingan Anda ke berbagai media sosial sehingga Anda tidak lagi perlu melakukannya secara manual.

Kesepuluh, make it viral!! Buatlah konten yang lagi viral atau lagi trend saat ini kemudian share dan minta pembaca untuk like, share, dan komen.

Nah, demikian tadi sepuluh cara yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk secara efektif melalui media facebook. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper