Dahua Dorong Teknologi Smartcity dan Safecity

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 13 Juli 2017 | 00:09 WIB
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Distributor resmi Dahua Technology, PT Pasific Teknologi Indonesia (PTI) mengklaim telah menciptakan teknologi untuk mendukung infastruktur smartcity dan safecIty bernama Emergency Phone Tower dan Solar Solution sejalan dengan tren smartcity yang kini tengah digenjot pemerintah daerah di Indonesia.

Ari Purnomo, Vice President PT PTI mengemukakan dewasa ini teknologi untuk mendukung konsep smartcity dan safecity dinilai sangat dibutuhkan sejalan dengan tingginya angka kriminalitas yang ada di setiap kota di Indonesia.

Menurutnya, implementasi smartcity dan safecity dinilai dapat meningkatkan pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat, terutama dalam menghadirkan layanan publik 24 jam penuh.

“Kami sangat sadar bahwa saat ini masyarakat membutuhkan keamanan yang tinggi. Selain itu juga masyarakat butuh kemudahan, eknyamanan dan efisiensi tenaga serta biaya, karena itu konsep ini dibutuhkan,” tuturnya di Jakarta, Rabu (12/7).

Dia menjelaskan teknologi yang diciptakan Dahua Technology bernama Emergency Phone Tower tersebut diprediksi dapat mengurangi angka kriminalitas di sebuah kota. Menurutnya, Emergency Phone Tower dapat langsung digunakan masayrakat untuk menghubungi command center dan melaporkan peristiwa di wilayah tertentu.

“Jadi di negeri asalnya sendiri, produk ini sudah mulai diterapkan di kawasan universitas besar dan di setiap pinggir jalan juga sudah, karena telepon ini beda dengan telepon biasa karena dilengkapi dengan alarm dan kamera pengawas khusus lengkap dengan fitur face detection,” katanya.

Selain itu, dia mengatakan teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung konsep smartcity dan safecity adalah Solar Solution.

Menurutnya, teknologi tersebut dapat mengintegrasikan kamera pengawas, wireless transmission dan solar cell untuk mengawasi area perbatasan, perkebunan dan area lainnya yang jarang terpantau.

“Selain efisien dalam energi dan biaya, produk yang memiliki kamera pengawas ini juga sudah dilengkapi dengan tenaga surya dan tidak sulit untuk instalasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Project Manager Dahua Technology, Herry Tjhin mengatakan beberapa kota yang sudah menerapkan konsep smartcity dan safecity tersebut di antaranya adalah Smart City Bandung, Arfeii Papua, Highway MMS Serang, Kuala Namu Airport Medan dan sejumlah kota lain. Konsep smartcity tersebut menurutnya, mirip dengan negara seperti Barcelona, Amsterdam dan Singapore.

“Teknologi smartcity ini bisa memberikan hasil yang nyata dan meningkatkan penegakan hukum yang efektif  serta meningkatkan layanan transportasi di sebuah kota,” tuturnya.

Menurutnya, sejumlah solusi lain yang kini ditawarkan oleh Dahua Technology sebagai produsen video surveillance untuk mendorong implementasi smartcity adalah Mobile Solution, Traffic Enforcement System, Smart Parking, Industrial, Banking, dan Intelligence Building.

“Semua yang kami buat ini pada dasarnya untuk mendorong smarcity agar semua kota menerapkannya. Kami ingin semua bidang seperti industri, komersil dan rumahan bisa merasakan konsep seperti ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper