Apple Perbarui iOS, MacOS, & WatchOS

Agne Yasa
Selasa, 6 Juni 2017 | 23:22 WIB
Apple.com
Apple.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple memperlihatkan pratinjau iOS 11, update utama untuk sistem operasi mobile yang diklaim paling maju di dunia dalam perhelatan Apple Worldwide Developers Conference, awal Juni ini,. Sistem operasi ini disebut membawa pengalaman baru dan ratusan fitur ke iPhone dan iPad musim gugur ini. Tidak hanya iOS 11, Apple juga memperlihatkan pratinjau MacOS dan WatchOS.

IOS 11 adalah rilis perangkat lunak terbesar yang pernah ada untuk iPad, dengan fitur multitasking yang kuat, aplikasi Files dan lebih banyak cara untuk menggunakan Apple Pencil.

Augmented reality hadir dalam ratusan juta perangkat iOS dengan platform baru bagi pengembang untuk membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna menempatkan konten virtual di atas dunia nyata.

CoreML memberi kemampuan pada mesin pengembang perangkat sehingga mereka dapat dengan mudah membuat aplikasi yang akan diprediksi, belajar dan menjadi lebih cerdas.

Fitur tambahan termasuk kemampuan membayar teman menggunakan Apple Pay, Jangan Ganggu saat mengemudi untuk membantu pengguna tetap lebih fokus di jalan, lebih banyak kecerdasan dan suara baru untuk Siri dan kemampuan profesional baru untuk Foto dan Kamera. IOS 11 tersedia sebagai preview pengembang hari ini dan akan menjadi update software gratis untuk iPhone dan iPad musim gugur ini.

"Dengan iOS 11, kami menghadirkan platform AR terbesar di dunia, dan sekarang tersedia bagi pengembang untuk mulai membangun pengalaman AR menggunakan ARKit untuk ratusan juta pengguna iPhone dan iPad," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple seperti dikutip dalam halaman resmi Apple, Selasa (6/6/2017). 

Dia mengatakan IOS 11 memberi pengguna iPad fungsi aplikasi hebat yang mereka butuhkan untuk memanfaatkan segala hal yang dimiliki iPad dan menghadirkan ratusan fitur baru dan pembaruan pada aplikasi iOS yang dinikmati pengguna iPhone dan iPad setiap hari.

IPad
IOS 11 membuat iPad lebih multitasking dengan Dock baru yang dapat disesuaikan untuk menyediakan akses cepat ke aplikasi dan dokumen yang sering digunakan dari layar manapun. Selain itu, perancang aplikasi yang didesain ulang memudahkan untuk bergerak di antara aplikasi aktif, gunakan Split View dan sekarang Slide Over.

Aplikasi File baru menyimpan semuanya di satu tempat, apakah file disimpan secara lokal, di iCloud Drive atau di penyedia lain seperti Box, Dropbox dan lainnya, dan dengan Drag and Drop tersedia di seluruh sistem, gambar dan teks bergerak lebih mudah dari sebelumnya.

Apple Pencil lebih terintegrasi ke dalam iPad dengan dukungan gambar inline dan fitur Instant Notes baru akan membuka Notes dari Lock Screen hanya dengan menekan Apple Pencil di layar.

Augmented reality
Apple memperkenalkan platform baru bagi pengembang untuk membantu mereka menghadirkan pengalaman AR berkualitas tinggi ke iPhone dan iPad menggunakan kamera built-in, prosesor canggih dan sensor gerak di perangkat iOS.

ARKit memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan teknologi penglihatan komputer terbaru untuk membangun konten virtual yang terperinci dan menarik di atas adegan dunia nyata untuk permainan interaktif, pengalaman berbelanja yang mendalam, desain industri dan lainnya.

Siri
Siri adalah asisten pribadi yang paling populer di dunia dengan lebih dari 375 juta perangkat aktif yang mengakses Siri setiap bulan di 36 negara. Dengan menggunakan kemajuan terbaru dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, suara pria dan wanita baru lebih alami dan ekspresif, menyesuaikan intonasi, nada, penekanan dan tempo saat berbicara, dan dapat menerjemahkan kata dan frasa bahasa Inggris ke bahasa China, Prancis, Jerman, Italia atau Spanyol.

Siri melampaui suara, menggunakan pembelajaran di perangkat untuk memberikan lebih banyak pengalaman pribadi dan menawarkan saran berdasarkan penggunaan Safari, Berita, Mail, Pesan, dan lain-lain. Misalnya, saat Siri mempelajari topik atau tempat yang diminati pengguna saat browsing Safari, mereka akan disarankan saat mengetik di Mail, Messages dan aplikasi lainnya.

Apple Pay
Pengguna Apple Pay akan dapat melakukan dan menerima pembayaran dengan teman dan keluarga dengan cepat, mudah dan aman. Mereka bisa mengirim uang dan mendapat bayaran tepat di Messages, atau memberi tahu Siri untuk membayar seseorang, dengan menggunakan kartu kredit dan debit yang sudah mereka miliki di Wallet.

Saat pengguna mendapatkan pembayaran, mereka menerima uang di akun Apple Pay Cash baru mereka. Mereka dapat menggunakan uang itu langsung untuk dikirim ke seseorang, melakukan pembelian menggunakan Apple Pay di toko, aplikasi dan di web, atau mentransfernya dari Apple Pay Cash ke rekening bank mereka.

Kamera dan Fitur Foto
Dengan iOS 11, gambar Portrait Mode dapat memotret dengan optical image stabilization, True Tone flash dan HDR, sehingga setiap shot terlihat lebih profesional.

Live Photos lebih ekspresif dengan efek Loop and Bounce baru yang menciptakan loop video terus menerus, sementara Long Exposure dapat menangkap waktu dan gerakan.

Di Foto, film memori dioptimalkan untuk dimainkan dalam orientasi potret dan lansekap, dan lebih banyak kenangan, seperti foto hewan peliharaan atau ulang tahun, dibuat secara otomatis. Dengan iOS 11, Apple memperkenalkan teknologi baru yang disebut High Efficiency Image File Format (HEIF) yang mengurangi ukuran file setiap foto yang diambil dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Fitur Kemudi
IOS 11 memperkenalkan cara baru untuk membantu pengemudi tetap lebih fokus di jalan dengan fitur Do Not Disturb [Jangan Ganggu] saat berkendara. IPhone dapat mendeteksi kapan pengguna mengemudi dan secara otomatis membungkam notifikasi agar layar tetap gelap. Pengguna memiliki pilihan untuk mengirim balasan otomatis ke kontak yang tercantum di Favorit untuk memberi tahu mereka bahwa mereka mengemudi dan tidak dapat merespons sampai mereka tiba di tempat tujuan mereka.

Beberapa fitur tambahan lainnya di iOS 11 seperti CoreML, HomeKit, SiriKit, dan MusicKit.

iOS 11 akan tersedia pada musim gugur ini sebagai update perangkat lunak gratis untuk iPhone 5s dan kemudian, semua model iPad Air dan iPad Pro, iPad generasi ke 5, iPad mini 2 dan yang lebih baru dan iPod touch generasi ke-6. Pembayaran orang ke orang dan Apple Pay Cash akan tersedia di AS pada iPhone SE, iPhone 6 dan yang lebih baru, iPad Pro, iPad generasi ke 5, iPad Air 2, iPad mini 3 dan Apple Watch musim gugur ini.

MacOS dan watchOS

Pratinjau macOS High Sierra, versi terbaru dari sistem operasi desktop yang diklaim tercanggih ini menghadirkan teknologi penyimpanan, video, dan grafis inti baru yang membuka jalan bagi inovasi masa depan di Mac.

MacOS High Sierra menawarkan sistem file all-new, dukungan untuk High-Efficiency Video Coding (HEVC) dan pembaruan untuk Metal, teknologi grafis canggih Apple yang memperkuat segala hal mulai dari pembelajaran mesin sampai penciptaan konten virtual reality. MacOS High Sierra juga mencakup sejumlah penyempurnaan aplikasi yang dinikmati pengguna Mac setiap hari, termasuk Foto, Safari dan Mail.

Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple, mengatakan MacOS High Sierra menghadirkan teknologi canggih dan peluang baru bagi para pengembang yang ingin memanfaatkan pembelajaran mesin dan menciptakan konten VR yang mendalam di Mac.

"Inovasi teknologi inti di macos High Sierra, dikombinasikan dengan kemajuan perangkat keras kami, akan terus mendorong Mac maju dengan cara baru yang menarik," ujarnya.

Apple juga menampilkan watchOS 4 bersama Siri yang proaktif dan menampilkan informasi yang paling dibutuhkan pengguna sepanjang hari, pembinaan aktivitas yang dipersonalisasi dan pengalaman musik yang sama sekali baru. Pembaruan fitur aplikasi Workout ditingkatkan dan memperkenalkan GymKit, platform teknologi inovatif yang akan menawarkan pelanggan terhubung dengan peralatan cardio.

Jeff Williams, Chief Operating Officer Apple, mengatakan Apple Watch adalah perangkat utama untuk hidup sehat dan sekarang lebih cerdas dari sebelumnya dengan watchOS 4.

"Kami telah menciptakan pengalaman yang benar-benar individual dengan aplikasi Activity and Workout yang paling cerdas, wajah jam tangan Siri yang menunjukkan informasi yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya dan kami dengan mulus membawa pengguna musik favorit mereka tepat di pergelangan tangan," katanya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper