Belanja Fashion & Gadget Meningkat Saat Ramadan

Agne Yasa
Jumat, 26 Mei 2017 | 17:21 WIB
Ilustrasi/dphase.com
Ilustrasi/dphase.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Elevenia, e-commerce yang mengusung open market place di Indonesia mencatat bahwa peningkatan transaksi mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa.

Angka ini terus meningkat hingga dua pekan sebelum Lebaran. Kemudian, di pekan Idulfitri, transaksi cenderung menurun hingga 50% dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah pekan Lebaran berlalu.

Selain itu, elevenia juga mencatat bahwa waktu ngabuburit yakni pukul 14.00 hingga 17.00 WIB merupakan waktu favorit para pembeli (buyer) untuk berbelanja.

Tercatat di antara waktu tersebut transaksi meningkat sangat signifikan sedangkan di luar jam tersebut, grafik transaksi belanja cenderung menurun.

GM Strategy & Communication Elevenia Bayu S. Tjahjono mengatakan secara konsisten pihaknya mencatat bahwa perilaku konsumen pada Ramadan menunjukkan transaksi belanja akan menurun pada minggu lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara lebaran itu sendiri, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara.

"Selain waktu ngabuburit grafik transaksi belanja menurun bisa jadi disebabkan oleh banyaknya agenda silaturahmi berbuka puasa dengan kerabat serta beribadah tarawih,” ujar Bayu melalui rilis yang diterima Bisnis, Jumat (26/5/2017).

Dia menambahkan perilaku belanja konsumen pada Ramadan juga sangat erat berkaitan dengan produk yang banyak dibeli di waktu-waktu tersebut.

Elevenia mendapati bahwa produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap Ramadan mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi.

Adapun produk lainnya yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget. Namun, berbeda dengan produk fashion, produk gadget justru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran.

“Belanja dan mengenakan baju baru sudah menjadi tradisi menyambut hari raya Idulfitri. Selain itu, baju juga bisa menjadi alternatif hadiah yang pas untuk kerabat.

Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan Tunjangan Hari Raya atau THR," ujarnya.

Selain produk dari kedua kategori tersebut, salah satu produk laris lainnya selama Ramadan adalah e-coupon untuk pulsa handphone.

"Tercatat selama Ramadan, belanja pulsa handphone adalah sebesar 34% dan mengalami kenaikan paling tinggi di hari Lebaran, yakni mencapai 40%,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper