ITB Gelar Rating Kota Cerdas Indonesia 2017

Fajar Sidik
Jumat, 28 April 2017 | 15:57 WIB
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ITB bersama Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas dan Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia akan menggelar Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 sebagai upaya pemetaan sehingga setiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter lokal.

Suhono Harso Supangkat, Inisiator Smart City dan Guru Besar ITB mengatakan permasalahan kota seperti kemacetan, kejahatan, lingkungan dan lainnya kian kompleks. Hal ini menyebabkan adanya kebutuhan inovasi dalam mengatasi permasalahan kota.

Selama ini, implementasi smart city sebagai solusi banyak dilakukan kota namun belum ada model referensi. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi dan pemetaan kondisi kota agar setiap kota mampu berinovasi berdasarkan kondisi dan karakteristik setiap kota di Indonesia.

"Melalui Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yakni sebuah kegiatan yang dilakukan untuk pemetaan sehingga setiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter lokal, diharapkan kota mampu berinovasi berdasarkan kondisi dan karakteristiknya," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/4).

Kegiatan ini akan dimulai pada bulan Mei 2017 hingga Oktober 2017 melalui proses evaluasi diri, survei hingga validasi data dan analisis. Menurut rencana acara ini akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia tgl 4 Mei di Istana Wapres.

Semua wali kota diundang untuk menghadiri acara ini sekaligus mengadakan semacam talk show dengan mengundang 3 Kementrian, Kemendagri, Bappenas dan Kemkominfo serta Apeksi dan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC). Acara ini juga mengundang stake holder lainnya seperti Industri penyedia solusi smart city maupun pemerintah pusat terkait.

Menurut Suhono, banyak persepsi membangun kota cerdas hanya membangun Command Center saja atau aplikasi, tetapi tidak melihat aspek ekosistem lainnya seperti manusia, budaya sebelumnya hingga tata kelola.

Inti dari kegiatan ini adalah mengenalkan model ukuran kematangan kota cerdas di Indonesia. Sejauh mana tingkat kesiapan kota kota dalam membangun kota nya sehingga warganya bisa hidup nyaman, bahagia, sejahtera yang berkelanjutan.

Adapun tujuan dari RKCI tersebut adalah:

1. Melakukan pengukuran kinerja pengelolaan kota tergadap pelayan masyarakat

2. Memberikan gambaran yang lebih komphrehensif mengenai kondisi kota dan permasalahan di dalamnya.

3. Memberikan pedoman bagi stake holder kota dalam membangun layanan kota

4. Sebagai proses evaluasi berkelanjutan dalam implementasi smart city di kota kota Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper