Startup E-Commerce RI Menang di Tingkat Asean

Wike Dita Herlinda
Senin, 13 Maret 2017 | 22:57 WIB
Belanja online/Ilustrasi
Belanja online/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bisnis rintisan Indonesia berbasis perdagangan daring, Bukalapak, memboyong dua penghargaan sekaligus pada ajang iPrice E-Commerce Merchant Award 2016; yang diselenggarakan oleh iPrice Group dengan eTail Asia, TrustedCompany, dan UseInsider.

Content Marketer iPrice Group Andrew Prasetya menjelaskan Bukalapak memborong penghargaan Absolute Winner danPopularity Award di iEMA 2016. “Dari berbagai kategori di tingkat Asean, startup Indonesia paling mencuri perhatian,” paparnya .

Atas kemenangan tersebut, Public Relation Manager Bukalapak Evi Andarini mengatakan kedepannya korporasinya akan terus mengembangkan inovasi guna memenuhi kebutuhan penjual dan pembeli di marketplace tersebut.

“Bukalapak sangat bersyukur telah dipercaya sebagai pilihan utama oleh masyarakat untuk berbelanja online. Dengan penerapan terobosan-terobosan terbaru, kami mampu memberikan pelayanan yang terbaik di tengah pergeseran dan perubahan pasar ke ranah digital.”

Sekadar catatan, Bukalapak adalah usaha yang dirintis dari sebuah garasi oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Mereka sebelumnya telah berpengalaman membuat dan memasarkan situs di Suitmedia.

Menyadari bahwa para penjual dan pembeli menginginkan sebuah situs online marketplace yang bisa mempertemukan kedua belah pihak secara aman dan tanpa penipuan, mereka pun mendirikan situs marketplace bernama Bukalapak pada awal 2010.

Salah satu hal yang menjadi nilai tambah yang tidak dimiliki kompetitor lain dalam penilaian Bukalapak adalah timnya yang berani membuat kampanye pemasaran secara nyentrik dengan semangat memajukan usaha kecil menengah (UKM) di Tanah Air.

Pascakemenangan di Singapura, Evi mengatakan selanjutnya Bukalapak akan menguatkan inovasi seperti layanan pengiriman cepat dalam sehari, layanan call center 24 jam, kecepatan loading situs dan aplikasi, serta fitur baru BukaReksa sebagai sarana investasi reksa dana.

Selain Bukalapak, bisnis rintisan (startup) RI yang berpartisipasi di ajang itu a.l. Mazaya, Blibli, MatahariMall, dan Muslim Market. Mereka terlibat bersama 23 e-commerce lain dari seluruh Asia Tenggara pada konferensi eTail Asia di Marina Bay Sands, Singapura.

Para e-commerce nominator dipilih langsung oleh lebih dari 10.000 konsumen di seluruh Asean. Pemilihannya sendiri dilakukan selama 15 November 2016 hingga 31 Januari 2017. Tujuannya adalah untuk mengapresiasi pelaku bisnis e-commerce di masing-masing negara.

Dari negeri jiran Malaysia, startup Bloom This berhasil meraih gelar iPrice Special Award, atas keberaniannya menerjunkan bisnis bunga konvensional ke ranah industri online. Dengan semangat ‘membantu’, mereka berhasil membuat bisnis pemesanan bunga lebih efisien.

“Adapun, seluruh finalis dan pemenang kategori Popularity Award dan Quality Award berhak mendapatkan e-badge dan sertifikat untuk platform e-commerce mereka,” imbuh Andrew Prasetya.

Daftar pemenang iPrice E-Commerce Merchant Award 2016:

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

The Absolute Winner iEMA 2016: Bukalapak (Indonesia)

iPrice Special Award

1. Bloom This

2. Althea

3. BMS Organics

Popularity Award of iEMA 2016 – Berdasarkan Negara

Indonesia : Bukalapak

Malaysia : Lazada

Philippines : Lazada

Singapore : Tech2Cool

Thailand : Advice

Vietnam : Alovendor

Quality Award of iEMA 2016 – Berdasarkan Negara

Indonesia : Mazaya

Malaysia : Livlola

Philippines : Starmobile

Singapore : Tech2Cool

Thailand : Advice

Vietnam : Alovendor

Sumber: iPrice Group, 2017

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper