Fitch Ratings Afirmasi Peringkat Nasional XL Axiata di Level AAA

Lavinda
Jumat, 13 Januari 2017 | 23:56 WIB
XL Axiata/Ilustrasi
XL Axiata/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk memperoleh peringkat jangka panjang mata uang asing serta mata uang lokal issuer default rating di level BBB dan peringkat nasional AAA oleh lembaga pemeringkat Fitch Ratings.

Analis Fitch Ratings Rufina Tam menyebutkan prospek peringkat perusahaan operator seluler Indonesia itu berada pada status stabil.

“Peringkat ‘BBB’ dari XL mencerminkan profil kredit dari 66,4% pemegang sahamnya, Axiata Group Berhad,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2017).

Fitch menngaku terus menggunakan metode top-down untuk menilai XL, dengan Axiata sebagai dasar, untuk mencerminkan kepentingan strategis XL untuk induknya. XL diakui menjadi kontributor terbesar terhadap EBITDA dan belanja modal Axiata.

Namun, menurut dia, penilaian terhadap Axiata mencakup ekspektasi bahwa leverage grup akan turun dengan menjual sebagian bisnis menaranya, atau dengan cara lain.

Adapun, asumsi utama yang digunakan Fitch dalam melakukan pemeringkatan tersebut mencakup, pendapatan bertumbuh pada level single digit yang rendah atau tengah, setelah ekspektasi untuk menurun sekitar 5% pada 2016.

“Kompetisi akan lebih stabil karena operator telekomunikasi secara bertahap merasionalisasi penyisihan data bonus untuk mendukung monetisasi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper