Asyikk, Inilah 5 Game Menyenangkan Untuk Belajar Bisnis

Yanita Petriella
Sabtu, 23 Juli 2016 | 23:50 WIB
Sempat booming. /
Sempat booming. /
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA - Indonesia maupun masyarakat di seluruh dunia masih terkena demam game Pokémon GO.

Game yang satu ini memang sangat seru dimainkan karena membuat kamu seolah menjadi Pokémon Trainer di dunia nyata, mengumpulkan Pokémon, bertarung melawan trainer lain di gym, dan sebagainya. Saking booming-nya, game ini banyak dimanfaatkan untuk peluang bisnis.

Pokémon GO mungkin tidak secara spesifik mengajarkan kamu ilmu keuangan.  Kamu bisa belajar ilmu bisnis di balik kesuksesan game tersebut di sini, namun tahukah kamu kalau ada cara lain yang juga menyenangkan untuk belajar ilmu bisnis maupun keuangan?

Seperti yang dikutip dari Halomoney, berikut game yang dapat belajar ilmu bisnis.

1. Bilionaire

Tujuan utama sebagai seorang pemain adalah merajai berbagai sektor bisnis sekaligus dan menjadi orang paling kaya sedunia! Sama seperti bisnis di dunia nyata, kamu akan diberikan sejumlah kecil modal untuk membeli unit bisnis yang kamu sukai.

Ada banyak unit bisnis yang bisa kamu pilih seperti penjual lemon, tukang bungkus kado, penjual hotdog, dan masih banyak lagi. Setelah kamu mengumpulkan cukup keuntungan dari unit bisnis pertamamu, kamu bisa merambah ke unit bisnis lainnya untuk melipatgandakan uang kamu.

2. LINE Let’s Get Rich

Game monopoli dari LINE ini sepertinya sudah tidak asing lagi karena sempat booming beberapa waktu lalu ketika baru diluncurkan. Permainan monopoli sendiri muncul pertama kali di tahun 1930-an dan berkembang cepat sebagai permainan yang cocok dimainkan oleh keluarga atau teman-teman.

Prinsip Let’s Get Rich sama seperti permainan monopoli pada umumnya. Kamu bersaing melawan pemain-pemain lawan untuk membeli properti, menguasai hak hipotek, serta mengumpulkan uang sewa dari seluruh aset yang kamu miliki. Ditambah dengan board theme dan karakter-karakter LINE yang lucu dan keren, game satu ini membuat kamu bisa belajar ilmu keuangan dengan menyenangkan.

3. TradeHero

Kamu punya keinginan untuk mulai terjun di dunia investasi saham tapi masih ragu? Nah, game yang satu ini bisa menjadi jawaban untuk menepis keraguan kamu. TradeHero merupakan ‘simulasi’ untuk menjadi seorang pemain di bursa saham.

Satu hal yang menarik di game ini adalah kamu nama-nama perusahaan yang digunakan diambil dari dunia nyata, seperti Apple, Sony, Nike, Coca-Cola, dan sebagainya. Bukan itu saja, harga saham yang ditampilkan juga berasal dari data saham di dunia nyata!

4. Air Tycoon Online

Game simulasi manajemen suatu bisnis memang banyak tersedia dan menyenangkan untuk dimainkan. Namun, Air Tycoon merupakan salah satu simulai manajemen yang menarik karena yang kamu kelola bukan restoran atau toko kue, tapi maskapai penerbangan.

Di dalam game ini, kamu bisa belajar dasar-dasar mengenai pembukaan maskapai penerbangan terutama dari sisi keuangannya. Kamu bisa menentukan di mana saja maskapai penerbangan akan dibuka, rute penerbangan yang paling menguntungkan untuk ditempuh, harga tiket penerbangan, dan sebagainya.

5. Harvest Moon: Seeds of Memory

Siapa yang tidak mengenal Harvest Moon? Game pertamanya, Harvest Moon: Back to Nature, yang dirilis untuk sistem PlayStation sangat booming di seluruh dunia, termasuk di Indonesia juga. Permainan yang mengawinkan simulasi kehidupan sebagai petani dan manajemen keuangan pertanian ini sangat cocok masuk ke dalam daftar game yang mengajarkan ilmu bisnis dan keuangan.

Game Harvest Moon sudah merambah ke mobile gaming juga dengan judul Harvest Moon: Seeds of Memory. Menariknya, game ini banyak mengambil konsep dari Harvest Moon: Back to Nature sehingga kamu yang pernah memainkan versi tersebut akan cepat familiar dengan konsep Seeds of Memories. Kamu bisa berinteraksi dengan penduduk desa, membeli bibit dan menjualnya ketika sudah panen, memancing, menambang, memelihara ternak dan menjual hasilnya, serta tidak lupa mencari pasangan hidup untuk kamu nikahi .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper