Penggunaan Broadband 4G di Malang Tumbuh 300%

Choirul Anam
Senin, 9 Mei 2016 | 17:23 WIB
Ilustrasi/kampusit
Ilustrasi/kampusit
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - Penggunaan broadband 4G di Malang tumbuh sebesar 300% yang dipicu banyaknya pelaku industri kreatif sehingga membutuhkan layanan koneksi internet super cepat.

General Manager ICT Operation Telkomsel Region Jawa Timur Indra Mardiatna mengatakan operator telekomunikasi tersebut mendukung sepenuhnya Kota Malang sebagai kota industri kreatif dengan menjadikan kota tersebut sebagai Kota Broadband yang difasilitasi dengan layanan koneksi internet supercepat.

“Yang juga mendukung pertumbuhan penggunaan data 4G, keberadaan Malang sebagai kota pariwisata dan pendidikan,” ujarnya dihubungi dari Malang, Senin (9/5/2016).

Banyaknya wisatawan yang datang ke Malang membutuhkan akses internet yang baik untuk berbagai kepentingan. Terutama wisatawan dari mancanegara. Yang juga perlu dukungan internet, kalangan dosen, guru, pelajar, dan mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Perkembangan penggunaan broadband secara umum di Malang, juga tumbuh pesat. Pertumbuhannya mencapai 100%. Hal itu terjadi karena dukungan infrastruktur dari Telkomsel sudah sangat memadai.

Di Kota Malang dan sekitarnya sampai saat ini ada 916 unit BTS yang diantaranya ada 97 unit menara eNode untuk layanan 4G. Namun dari sisi pendapatan, kata dia, penggunaan data baru menyumbang 30% dari total penerimaan Telkomsel Malang. Sebagian besar masih disumbang layanan SMS dan voice.

Pengguna SMS dan voice terutama masyarakat yang berada di kawasan pinggiran. Karena itulah, terus melakukan sosialisasi dan program-program agar masyarakat lebih senang menggunakan data daripada SMS dan voice.

Kunci sukses migrasi dari pengguna SMS dan voice pada data atau broadband, pada device, network, dan application (DNA). Dari sisi network, jumlah 916 BTS yang ada di Malang sudah menjangkau seluruh wilayah Malang dan sekitarnya. Dengan demikian tidak ada kendala akses broandband bagi masyarakat di mana pun.

“Kalau untuk menara eNode, mamang masih terbatas, tapi untuk BTS untuk 3G, sudah mencakup seluruh wilayah Malang dan sekitarnya,” ujarnya.

Karena itulah, Telkomsel melakukan program-program lewat penjualan bundling device dengan harga yang terjangkau. Selain itu melakukan penjualan tarif broadband yang kompetitif sehingga terjangkau semua kalangan masyarakat. “Total pelanggan Telkomsel di Malang dan sekitarnya saat ini sudah mencapai 1,7 juta pelanggan,” ujarnya.

Untuk wilayah Jawa Timur, jumlah menara eNode yang sudah terbaytas sebanyak 622 unit yang menyebar di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Kediri, Tulungagung, Jember, Banyuwangi, Pasuruan, dan Malang. “Pertumbuhan pengguna broadband baik 4G maupun 3G juga sudah sangat besar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper