Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Hasil Survei Kebiasaan Orang Belanja Online

Para pelaku e-commerce lokal menghadapi empat tantangan utama yaitu akuisisi, user engagement, pengalaman belanja, dan memperkuat brand awareness.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 29 April 2016  |  19:25 WIB
Inilah Hasil Survei Kebiasaan Orang Belanja Online
Ilustrasi - Quartsoft
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Dalam salah satu surveinya  pada bulan Maret 2016, UCWeb perusahaan pembuat mobile browser, UC Browser,  menemukan para  pelaku e-commerce lokal menghadapi empat tantangan utama.

Keempat tantangan itu adalah akuisisi, user engagement, pengalaman belanja, dan memperkuat brand awareness.

Untuk membantu menjawab berbagai tantangan tersebut dengan efisien dan hemat biaya, kata  Kenny Ye General Manager Global Markets, Alibaba Mobile Business Group, para pelaku bisnis online dapat memanfaatkan dan mengkombinasikan berbagai jenis sumber daya, misalnya premium traffic, sumber-sumber daya berkualitas dan  kampanye-kampanye co-branding.

“Melalui kolaborasi dengan para pelaku e-commerce di Indonesia, kami dapat menghasilkan nilai tambah kepada para pengguna kami dan pada saat yang bersamaan menyediakan dukungan besar bagi para mitra pelaku bisnis online kami,” ujar Kenny Ye yang memberikan solusi dengan  meluncurkan UC Cradle Program.

UCWeb juga memaparkan beberapa temuannya tentang kebiasaan belanja secara online para pengguna Indonesia.

Survei dengan jumlah partisipan sebanyak 2.829 pengguna internet mobile, mengungkapkan bahwa 76,4% dari seluruh partisipan mengakui berbelanja secara online setidaknya sekali dalam sebulan dan membelanjakan rata-rata sebesar Rp100.000 setiap bulan.

Menurut rilisnya, beberapa temuan lainnya dalam survei tersebut adalah sebagai berikut:

  • 72,2% orang yang berbelanja secara online biasanya menghabiskan paling tidak 1 jam untuk berbelanja, dan 87,4% dari mereka berbelanja  melalui perangkat mobile
  • Alasan paling populer berbelanja secara online adalah kenyamanan berbelanja di manapun dan kapanpun, dan yang kedua adalah promo-promo penjualan (contohnya, promo musiman atau hari libur/ besar), serta diikuti karena kebutuhan tak berkala, seperti misalnya, membeli hadiah dalam waktu singkat untuk teman yang berjarak jauh
  • Kebanyakan orang yang berbelanja secara online berbelanja antara pukul 6 sore hingga 10 malam
  • Situs-situs toko belanja online konvensional masih tetap menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang berbelanja secara online, sedangkan pilihan paling tidak populer  adalah melalui forum online dan situs-situs iklan
  • Alasan utama yang menurunkan motivasi orang yang berbelanja secara online untuk mengunduh aplikasi belanja adalah mereka bisa berbelanja secara online melalui browser (49%). Dua alasan lainnya adalah karena mereka sudah banyak memiliki aplikasi (37,3%) dan khawatir aplikasi belanja tersebut menghabiskan kapasitas penyimpanan perangkat mobile mereka (26%)
  • 5 hal yang mendorong para pengguna untuk melakukan pembelian secara online adalah:

a. Fitur perbandingan harga antar-platform belanja online

b. Proses pembayaran yang aman

c. Info terbaru tentang diskon di seluruh situs belanja online

d. Info terbaru tentang produk-produk baru di seluruh situs belanja online

e. Akses sekali jalan ke seluruh platform belanja online

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

website
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top