Layani Pelanggar Data Center, XL Axiata Ingin Gandeng Provider Lain

Nadya Kurnia
Rabu, 30 Maret 2016 | 17:29 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT XL Axiata Tbk akan menggandeng provider telekomunikasi lain di Balikpapan untuk berkolaborasi melayani pelanggan Data Center XL.

General Manager Cloud and Business Innovation XL Arkav Juliandri mengatakan pihaknya telah mengajukan usulan kerja sama dengan provider telekomunikasi lain, khususnya yang telah memiliki jaringan fiber optic.

"Kami sudah usulkan kerja sama, tinggal menunggu kesepakatannya bagaimana. Kami targetkan pada akhir semester II nanti sudah mulai bisa berkolaborasi," tuturnya, Rabu (30/3/2016).

Dalam hal ini, dia mengaku XL tak memandang provider lain sebagai kompetitor. Namun sebaliknya, XL justru menganggap provider lain sebagai mitra untuk berkolaborasi melayani kebutuhan pelanggan.

Untuk perkara harga, Arkav mengatakan pihaknya sangat terbuka dalam penentuan harga. Saat ini, harga sewa satu rak server dipatok sebesar Rp9 juta per bulan dan Rp5 juta per bulan untuk sewa separuh rak server.

"Biasanya perusahaan kan sudah menjalin kerja sama dengan provider lain, kami bisa bantu. Jadi misalnya pelanggan mau menggunakan jaringan Telkom, tapi datanya disimpan di Data Center XL, kami persilakan," tutup Arkav.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nadya Kurnia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper