INOVASI Teknologi: Payung Pintar Peramal Cuaca

Gombang Nan Cengka
Rabu, 23 Maret 2016 | 10:00 WIB
Payung Pintar. /Bisnis.com
Payung Pintar. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda sering ketinggalan payung? Atau malah lupa membawanya ketika turun hujan? Beberapa perusahaan berniat menjual payung pintar yang bisa mengatasi kedua masalah ini, dengan menanamkan chip ke dalamnya. Anda hanya perlu memiliki ponsel untuk menggunakannya.

Masalah lupa membawa payung kelihatannya lebih mudah dipecahkan. Tidak mengherankan bila Davek, pembuat payung dari New York, Amerika Serikat, saat ini sudah menjualnya. Namun Anda tentu harus bersedia merogoh kocek cukup dalam. Payung tersebut, yang diberi nama Davek Alert, bisa dibeli dengan harga US$125. Payung Davek Alert tersebut pada dasarnya dilengkapi dengan chip yang memancarkan sinyal Bluetooth Low Energy.

Sinyal ini kemudian akan dideteksi oleh ponsel. Bila payung tersebut berada terlalu jauh, aplikasi yang terpasang di ponsel akan mengingatkan Anda. Dengan demikian Anda tidak akan terlalu jauh dari payung.

Chip Bluetooth ini tentunya memerlukan sumber energi. Davek menggunakan baterai koin CR2032, yang bisa bertahan selama setahun sebelum diganti. Agar bisa berkomunikasi lancar dengan payung, pemiliknya harus memasang aplikasi khusus di ponsel iPhone atau Android.

Davek mendukung iPhone 5C/5S atau yang lebih baru yang menjalankan iOS 8 ke atas, serta Android KitKat (4.4) atau yang lebih baru, serta Samsung Galaxy S3 ke atas.

Wezzo, perusahaan yang bermarkas di Paris, Prancis, memiliki gagasan yang lebih menarik lagi: payung yang mampu meramalkan cuaca. Payung rancangan Wezzo yang diberi nama oombrella ini rencananya juga akan dilengkapi dengan serangkaian sensor yang bisa mengubahnya menjadi stasiun cuaca mini.

Sensor yang tertanam itu antara lain sensor kelembapan, tekanan, suhu udara, serta cahaya. Berkat rangkaian sensor ini, oombrella dapat meramalkan sampai 15 menit ke depan apakah hujan akan turun atau tidak.

Seperti juga payung dari Davek, oombrella juga memiliki kemampuan untuk mengingatkan pemiliknya bila berada terlalu jauh dari payung pintar ini. Cara kerjanya tidak jauh berbeda.

Selain sensor buat meramalkan cuaca dan chip buat sinyal Bluetooth Low Energy, pemiliknya juga bisa menambahkan kamera. Agar dapat digunakan dengan baik, oombrella lagi-lagi harus dipasangkan dengan ponsel, dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi ini rencananya akan tersedia untuk iPhone dan Android.

Berbeda dengan Davek Alert yang dijual bebas, oombrella saat ini masih berada dalam tahap kampanye Kickstarter. Peminat payung pintar ini bisa memesan dengan harga EUR 59. Pengumpulan dana ini akan berlanjut sampai pada April 2016, sedangkan penjualan resmi baru akan dilakukan pada Oktober. Anda tertarik memilikinya? (k8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Rabu (23/3/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper