Indosat dan XL Berkongsi Jaringan 4G LTE. Apa Manfaatnya?

Deliana Pradhita Sari
Selasa, 19 Januari 2016 | 19:48 WIB
Ilustrasi/kampusit
Ilustrasi/kampusit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Indosat Ooredoo dan XL Axiata menjalin kerja sama jaringan untuk 4G LTE melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network). 

Kedua operator akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. 

Kedua belah pihak juga berencana untuk memperluas kerja sama ini untuk beberapa kota lain guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia. 

Kerja sama jaringan atau lebih dikenal dengan istilah ‘network sharing’ sudah diimplementasikan di beberapa negara maju. Kerjasama Indosat Ooredoo dengan XL Axiata adalah proyek network sharing LTE pertama di Indonesia. 

"Kami senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata. Kerjasama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program Pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia,” ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo melalui siaran pers, Selasa (19/1/2016).

Melalui inisiatif tersebut, lanjut dia, akan mendukung usaha Pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing dan impor komponen sehingga bisa fokus pada investasi dalam negeri. 

President Director & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan kerjasama yang dilakukan antara XL Axiata dan Indosat Ooredoo ini menjadi upaya untuk mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama.

Alexander Rusli menambahkan bahwa rencana network sharing ini sudah dibicarakan sejak dua tahun terakhir. “Kami berharap dengan kolaborasi ini akan dapat memberikan jangkauan jaringan yang lebih luas dan memungkinkan negeri ini sebagai negara dengan pertumbuhan penggunaan 4G tercepat", ujarnya. 

Pada tahap ini network sharing yang dilakukan baru sebatas pada radio access network. Indosat Ooredoo dan XL Axiata berkomitmen melanjutkan kerjasama ini dengan dukungan Pemerintah dengan harapan kerjasama dapat diperluas menjadi core network sharing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper