XL Axiata Luncurkan 4G di Manado

Amanda Kusumawardhani
Minggu, 20 Desember 2015 | 01:01 WIB
Bagikan

Bisnis.com, MANADO--Untuk mendukung peluncuran  layanan 4G di Manado, PT XL Axiata Tbk. menyiapkan setidaknya 36 menara pemancar (base transceiver station/bts) pada tahun ini.

Mozes Haryanto Baottong, General Manager Finance and Management Services North Region XL, mengatakan pihaknya membidik sekitar 3.000 konsumen untuk mengganti SIM card ke mode 4G hingga akhir tahun ini.

"Manado merupakan kota pertama yang kami pilih untuk meluncurkan layanan 4G di Pulau Sulawesi. Secara bertahap, kami akan mengembangkan infrastruktur untuk mendukung 4G di Manado," ucapnya kepada Bisnis, Sabtu (19/12).

Tak hanya itu, XL sudah menambah transmisi jaringan fiber optic dari Palu ke Manado. Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan telekomunikasi ini sudah memasang perangkat 4G di existing site Manado.

Dari beberapa kajian yang sudah dilakukan oleh XL, kecepatan download layanan 4G mencapai 95 mega byte per second (Mbps) dan kemampuan upload di angka 33 Mbps.

Pada tahun ini, dirinya akan fokus mengembangkan jaringan 4G di Kota Manado dan secara bertahap diperluas ke beberapa wilayah di sekitar Manado.

"Sebagian besar kota Manado sudah bisa mengakses jaringan 4G. Tahun depan, seiring dengan penambahan BTS, jangkauan akan semakin luas," tekannya.

XL juga akan memfasilitasi pelanggan yang berniat untuk mengganti SIM card ke mode 4G di 15 gerai yang ditunjuk.

Hingga Desember tahun ini, pangsa pasar XL di Manado mencapai 10% sehingga peluncuran 4G kali ini diharapkan mampu meningkatkan pangsa pasarnya di kota ini.

Adapun, sekitar 60% konsumen di Manado menggunakan layanan data sedangkan sisanya menggunakan layanan nondata.

Secara nasional, XL mengklaim telah membangun 3.000 BTS untuk mendukung layanan 4G di 19 kota antara lain Jakarta, Bandung, Cirebon, Pekanbaru, Palembang, Bogor, dan Cirebon.

"Menyusul beberapa kota lainnya yakni Makassar, dan Balikpapan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper