Presiden Jokowi Luncurkan 4G LTE

Ana Noviani
Jumat, 11 Desember 2015 | 19:10 WIB
Ilustrasi/kampusit
Ilustrasi/kampusit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menghadiri ‎peluncuran jaringan telekomunikasi generasi keempat atau 4G LTE di seluruh Indonesia yang bertajuk "Revolusi Digital untuk Indonesia Lebih Baik".

Dalam acara yang dilaksanakan di Museum Nasional, Jumat (11/12), Presiden secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE secara serentak di seluruh Indonesia.

Tanpa memberikan sambutan, presiden menuliskan pesan tentang peluncuran 4G LTE, yakni "Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia."

Dalam laporannya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan dalam konteks ICT, Indonesia berada di posisi ke-4 di antara negara-negara Asia Tenggara. Indonesia berada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand.

Rudiantara menargetkan Indonesia mampu naik ke posisi kedua pada 2019 dengan upaya keras untuk mengejar teknologi dan pemerataan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Tanah Air.

Sebelum diluncurkan secara nasional, program 4G LTE telah mulai digulirkan oleh para operator sejak April 2015. Mulai dari Timur Indonesia, Maluku Utara, Sumatera, hingga Bali dan Jawa.

Proses refarming merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo sebagai regulator untuk menata industri telekomunikasi di Indonesia agar lebih efisien, sehingga pada akhirnya konsumen dapat menikmati hasil layanan telekomunikasi yang lebih baik.

"Ecommerce di Indonesia diproyeksi mencapai US$130 miliar pada 2020 dan 4‎G LTE hanya subsistem dari digital ekonomi," ujar Rudiantara. ‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper