Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Robot Pembersih Udara Karya Siswa SMK Menang National Young Inventor Award

AS-SHUR, robot pembersih udara karya Bayu Aji Setyawan dan Galih Yuli Dwiatmaja siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni ini berhasil meraih juara pertama dalam ajang National Young Inventor Award (NYIA) 2015.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 28 Agustus 2015  |  14:22 WIB
Robot Pembersih Udara Karya Siswa SMK Menang National Young Inventor Award
Menurutnya, inovasi anak bangsa seperti ini patut diapresiasi secara penuh untuk mendukung tumbuhnya jiwa peneliti di kalangan generasi muda. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - As-Shur, robot pembersih udara karya Bayu Aji Setyawan dan Galih Yuli Dwiatmaja siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni ini berhasil meraih juara pertama dalam ajang National Young Inventor Award (NYIA) 2015.

AS-SHUR merupaka teknologi robot pembersih udara yang memiliki tiga sistem kontrol pengendalinya yaitu otomatis, portable dan remote control. Alat ini dapat dioperasikan untuk mendeteksi dan mensterilkan udara polusi menjadi udara bersih baik indoor maupun outdoor.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain mengatakan sangat bangga terhadap karya peneliti muda yang mampu menciptakan teknologi canggih yang dapat berguna bagi masyarakat.

"Hal ini merupakan terobosan inovasi green teknologi yang diharapkan mampu membantu dalam mengatasi masalah polusi udara untuk menekan tingkat polusi udara yang tinggi di era modern ini," ujarnya.

Menurutnya, inovasi anak bangsa seperti ini patut diapresiasi secara penuh untuk mendukung tumbuhnya jiwa peneliti di kalangan generasi muda.

Pemenang ajang National Young Inventor Award (NYIA) 2015 ini nantinya akan mendapatkan beasiswa penuh dari S1 hingga S3 di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

"Dengan disekolahkannya mereka diharapkan nantinya akan menjadi ilmuwan yang hebat yang dapat menciptakan teknologi baru yang dapat mengubah dunia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot Robot Pembersih
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top