Indonesia-Jepang Pererat Kerja Sama Iptek

Yulianisa Sulistyoningrum
Senin, 24 Agustus 2015 | 13:09 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia berupaya mempererat kerja sama dalam bidang teknologi dengan Jepang. salah satunya dengan menggelar Workshop dan Expose Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS).

"Sebenarnya kerja sama ini sudah berlangsung lama yakni sudah dua tahun,” ujar Direktur Jenderal Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe, Senin (24/8).

Dia mengemukakan setiap tahun kedua belah pihak selalu melakukan kegiatan monitoring atau evaluasi. "Untuk tahun ini, masuk dalam acara workshop tersebut".

Jumain menjelaskan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengembangkan penelitian dan pengembangan dalam berbagai bidang, terutama pengembangan teknologi.

Untuk pengembangan teknologi, paparnya, diperlukan pengalaman dari negara maju seperti Jepang. "Kita bisa mencontohkan misalnya bagaimana Jepang sukses dalam teknologi pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik".

Menurut Jumain, sudah banyak ilmu dan penelitian yang telah dipelajari dan dilaksanakan baik dari Indonesia maupun Jepang. Dari Indonesia, kerja sama ini sudah dilakukan oleh beberapa lembaga a.l. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga.

"Kalau dari pihak Jepang, ada Tokyo University dan Kobe University".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper