Empat Aplikasi Mudahkan Perempuan Seimbangkan Kerja dan Keluarga

Dini Hariyanti
Kamis, 11 Juni 2015 | 13:00 WIB
Monitoring & Evaluation Associate USAID Higher Education Leadership and Management (HELM) di Tangerang/Bisnis Indonesia-Dini Hariyanti
Monitoring & Evaluation Associate USAID Higher Education Leadership and Management (HELM) di Tangerang/Bisnis Indonesia-Dini Hariyanti
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG—Teknologi komunikasi selayaknya dapat dimanfaatkan untuk mengefektifkan berinteraksi di tengah pekerjaan, dan lingkungan kehidupan pribadi.

 Itu yang diyakini Annisa Setiadi, Monitoring & Evaluation Associate USAID Higher Education Leadership and Management (HELM).

"Misalnya dengan smartphone, semua jadi lebih mudah, misalnya dalam menjawab email-email penting," katanya.

 Anisa berbagi pendapatnya soal perangkat dan aplikasi teknologi komunikasi apa saja yang bisa mempermudah seseorang membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, khususnya bagi perempuan.

 Hal itu dikemukakannya dalam  Forum Kepemimpinan Perempuan yang digagas USAID HELM di Tangerang, Kamis (11/6/2015). Dia menyebut setidaknya ada lima aplikasi antara lain : 

1. Aplikasi surat elektronik (surel) di ponsel

Ponsel pintar yang bertebaran saat ini sebetulnya menawarkan berbagai kemudahan. Integrasi berbagai aplikasi media sosial terutama email adalah salah satu yang paling mendasar.

Surel tersebut  memungkinkan seseorang untuk mengakses akun surelnya tanpa harus melulu bertengger di depan layar komputer. "Agar tidak ganggu waktu saat bersama keluarga, email ini bisa diatur ditandai urgent dan tidak urgent,"  ucap Annisa.

2. Fitness tracker

Alat ini bisa membantu memastikan seberapa aktif Anda di rumah maupun saat bekerja. Benda ini dapat menjadi perpanjangan tangan dari ponsel Anda, yang pasti alat ini juga bisa membantu memantau kebutuhan jam istiraha Anda.

3.  Rencanakan liburan impian

Rencana liburan ini tidak harus terealisasi pada tahun ini. Tapi  setidaknya dengan membuat perencanaan detil untuk liburan bisa membantu seseorang tetap bersemangat, demi merealisasikan liburannya.

"Bisa visualisasikan rencana liburan itu di dalam monitor itu bisa bikin rileks," kata Annisa. Tentu jangan lupa menyertakan orang-orang terdekat dan keluarga untuk ikut bergabung.

4. Bekerja dari rumah

Manakala memungkinkan untuk menuntaskan pekerjaan dari rumah maka lakukanlah. Annisa berpendapat bekerja di rumah mungkin bisa memberikan suasana lebih tenang ketimbang di kantor.

 Pada saat bekerja di rumah manfaatkanlah berbagai  media sosial untuk mempermudah interaksi dengan rekan.

"Bisa coba aplikasi Trello dan Hipchat untuk ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper