Ini 6 Tokoh Teknologi Peraih Penghargaan ITU

Samdysara Saragih
Senin, 18 Mei 2015 | 17:48 WIB
Bill Gates/Telegraph.co.uk
Bill Gates/Telegraph.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JENEWA – International Telecommunication Union (ITU) memberi penghargaan kepada enam tokoh teknologi terkemuka di acara hari jadinya yang ke-150, Minggu (17/5/2015) waktu setempat.

Keenam tokoh yang mendapatkan The ITU 150 Awards itu adalah Bill Gates, Martin Cooper, Robert E. Kahn, Mark Krivocheev, Ken Sakamura, dan Thomas Wiegand.

Pendiri Microsoft Bill Gates mendapat penghargaan sebagai pemimpin perusahaan terbesar di bisnis perangkat lunak, servis, dan solusi. Dia juga dianggap berdedikasi tinggi dalam bidang kemanusiaan lewat Bill & Melinda Gates Foundation.

Sementara, Martin Cooper merupakan pelopor komunikasi nirkabel dan bapak dari telepon genggam. Robert E. Kahn merupakan tokoh Internet yang mengembangkan konsep arsitektur objek digital.

Mark Krivocheev adalah penemu standar televisi digital dunia, dan dia juga merintis HDTV. Ken Sakamura memeroleh penghargaan atas jasa-jasanya membuat arsitektur sistem komputer terbuka. Adapun Thomas Wiegand dianggap berkontribusi dalam standarisasi multimedia.

Sejarah ITU bermula dari penemuan telegraf oleh Samuel Morse. Pada dekade 1850-an, jalur teknologi komunikasi yang semula dipakai di Amerika Serikat itu kemudian melintasi negara-negara lain.

Akhirnya, pada 17 Mei 1865, dua puluh negara berkumpul di Paris, Prancis, untuk menandatangani kerangka kerja internasional soal telegraf dan membentuk International Telegraph Union.

Saat ini ke-20 negara pendiri diwakili oleh 16 negara yakni Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria. Selain itu Italia, Belanda, Norwagia, Portugal, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Turki.

ITU juga memiliki anggota perusahaan yang bergabung paling awal yaitu Telecom Italia, Exelis and Telefonica, dan Sirti. ITU menjadi badan resmi PBB pada 1947, beranggotakan 193 negara, dan 700 perusahaan,serta perguruan tinggi.

“Selama 150 tahun ini, kami telah mempromosikan kerja sama internasional, bekerja mencapai solusi praktis untuk mengintegrasikan teknologi komunikasi baru dan menyebarkan berbagai manfaatnya untuk semua,” kata Sekretaris Jenderal ITU Houlin Zhao dalam siaran pers di situs resminya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper