Menkominfo: 4G Bisa Dinikmati Seluruh Indonesia Akhir 2015

Ria Indhryani
Jumat, 10 April 2015 | 20:45 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/kominfo.go.id
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/kominfo.go.id
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG—Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan jaringan 4G dapat dapat dinikmati diseluruh Indonesia pada akhir 2015 nanti. Hal ini diungkapkan menyusul adanya kesepakatan antara 4 CEO operator telekomunikasi di Indonesia untuk mengimplementasikan 4G pada kanal 1.800 MHz.

Dia mengatakan implementasi ini akan dilakukan melalui proses penataan ulang atau refarming yang akan dimulai pada Mei dan mungkin berakhir pada November. Seperti diketahui, penataan pita atau kanal 1.800 MHz ini harus dilakukan karena kepemilikan spektrum empat operator di band tersebut masih terpisah-pisah.

"Rencananya implementasi akan dimulai pada Mei hingga November, sehingga diharapkan akhir tahun 4G sudah bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kenapa lama? Karena harus melalui refarming atau penataan ulang frekuensi," katanya saat menghadiri peresmian MarkPlus Center For Technology & Creativity di Bandung, Jumat (10/4/2015).

Dia mengatakan kanal-kanal yang terpisah ini akan dikelompokan agar dapat tersusun dan transisi pindahnya ke jaringan 4G ini akan dilakukan menggunakan cluster di mana terdapat 42 cluster di Indonesia.

Sistem clustering sendiri menurutnya dipilih karena adanya kontigensi resiko implikasi kepada pelanggan, sehingga proses akan dilakukan pada malam hari dengan memakan waktu beberapa jam.

"Kita lakukan malam hari mungkin 3-4 jam, sehingga jika tidak berhasil bisa dikembalikan kembali. Jujur saja, pak Presiden Jokowi juga sudah menangakan hal ini yaitu kapan 4G pada kanal 1.800 MHz bisa digunakan oleh masyarakat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ria Indhryani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper