Dolar Menguat, Apple Naikkan Harga

Amanda Kusumawardhani
Sabtu, 10 Januari 2015 | 14:00 WIB
iPhone 6 /apple
iPhone 6 /apple
Bagikan

Bisnis.com, SAN FRANSISCO—Apple Inc. mulai menaikkan harga sejumlah aplikasi software dari Kanda hingga Eropa pada Sabtu (10/1) menyusul fluktuasi mata uang global beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya, ketika mata uang Paman Sam itu terus melonjak tajam, Apple telah memberitahu produsen software bahwa aka nada perubahan harga produk yang dijual melalui App Store di kawasan Uni ERopa, Norwegia, Kanada, dan Rusia.

Adapun, harga aplikasi software di Kanada naik menjadi US$1,19 dari 99 sen, begitu pula dengan harga software di Eropa yang terdongkrak dari 0,89 euro menjadi 0,99 euro.

Pada Desember lalu, Apple juga sempat menaikkan harga IPhone di Rusia, setelah sempat menghentikan penjualan karena rubel tertekan signifikan.

Ketika dikonfirmasi Bloomberg, Tom Neumayr, juru bicara Apple, membenarkan bahwa pihaknya telah menginstruksikan developer di Kanada, Rusia, dan Eropa untuk menaikkan harga aplikasi Apple.

Seperti diketahui, sebagian besar mata uang global utama tercatat merosot terhadap dolar sepanjang 2014. Dolar Kanada mengalami depresiasi 10,1% sejak Juli tahun lalu, dan menyentuh level terendah sejak 5,5 tahun pada Sabtu (10/1). Tak jauh berbeda, euro meluncur turun 13% terhadap dolar selama enam bulan terakhir.

Sementara itu, mayoritas penjualan Apple bukan ditopang oleh masyarakat Amerika Serikat, sehingga penguatan dolar bakal mempengaruhi bisnis Apple.

Pada Oktober lalu, Chief Financial Officer Luca Maestri sempat mengatakan perusahaannya akan menghadapi goncangan signifikan akibat penguatan dolar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper