Apple Luncurkan iPhone 6, Ini Spesifikasi Detilnya

Rabu, 10 September 2014 | 09:50 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apple memperkenalkan tiga produk andalan terbarunya dalam sebuah acara khusus di Cupertono, AS, hari ini, salah satunya iPhone 6. Apa saja keunggulan iPhone 6 tersebut?

Sepintas, iPhone 6 tampak seperti iPod layar sentuh dengan layar 4,7 inci. Layarnya dilindungi oleh “kaca yang diperkut dengan ion ", yang melengkung di setiap sudutnya sehingga terasa lebih menyatu ketika dipegang.

Layar itu sendiri merupakan LCD dengan Retina HD, yang beresolusi 750 x 1,334 pixel. Ini membuat kepadatan pixel-nya menjadi 326ppi.

Selain resolusi baru ini, apps bisa langsung bekerja berkat adanya scaler sekelas desktop. Ini hanya akan dibutuhkan hingga pengembang meng-update app mereka untuk mendukung tampilan dengan resolusi baru tersebut.

Kamera iSight 8MP masih dipakai seperti 4 tahun belakangan ini. Apple mengklaim kamera iPhone 6 sudah dikembangkan meski masih memakai pixel 1.5µ.

Namun, kamera itu kini dibekali fitur otofokus deteksi fase dengan aperture f/2.2. Tidak ada OIS, hanya mengandalkan stabilisasi digital. Kamera itu bisa memotret panorama hingga 43MP.

Adapun resolusi video tetapi 1080p tetapi 60fps sekarang ditingkatkan ke resolusi maksimal FullHD (hingga 720p @ 60fps). Video slo-mo bisa menangkap 120fps dan 240fps, tetapi dengan resolusi lebih rendah.

Casisnya dibalut aluminium anoda dengan logo Apple stainless steel. Ketebalan bodinya 6,9 mm.

iPhone 6 ditenagai chipset generasi kedua, yakni Apple A8, yang menghasilkan tenaga CPU 25% lebih besar dan oomph GPU 50% ekstra.

Chipset ini dijalankan pada proses 20nm yang diklaim efisien, sekaligus membuatnya 13% lebih kecil secara fisik dibandingkan pendahulunya A7.

Apple menjanjikan daya tahan baterai iPhone 6 akan sama atau lebih baik dari 5s. Smartphone terbaru ini bisa digunakan hingga 14 jam waktu bicara.

Di samping panggilan GSM reguler, iPhone 6 juga mendukung VoLTE (Voice Over LTE) dan panggilan Wi-Fi (untuk T-Mobile di AS dan EE di Inggris). LTE sudah di-update untuk mendukung downlink hingga 150Mbps (Cat. 4) dan hingga 20 band.

Peningkatan konektivitas lainnya termasuk Wi-Fi 802.11ac untuk Wi-Fi tiga kali lebih cepat. Akhirnya, kini Apple menyematkan NFC, yang memungkinkan layanan Apple Pay ternaru untuk pembayaran nirkabel.

Di pasar AS, iPhone 6 bakal dibanderol US$199 untuk model 16GB model (dengan kontrak 2 tahun). Tidak ada model 32GB tahun ini, sementara model 64GB seharga US$299 dan versi 128GB dipatok US$399. Pre-order segera dimulai pada 12 September, disusul pengiriman mulai 19 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : gsmarena/apple
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper