Cegah Kebakaran, 3 Perangkat Ini Wajib Dipasang di Instalasi Listrik Rumah

Schneider Electric, perusahaan global di bidang pengelolaan energi mengampanyekan pentingnya instalasi listrik yang aman dan bertanggung jawab untuk mengurangi insiden kebakaran di perkotaan.
Reni Efita | 02 Juli 2014 15:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Schneider Electric, perusahaan global di bidang pengelolaan energi mengampanyekan pentingnya instalasi listrik yang aman dan bertanggung jawab untuk mengurangi insiden kebakaran di perkotaan.

Ada beberapa langkah yang dilakukan Schneider yaitu melalui beberapa aktivitas seperti edukasi masyarakat dan pelatihan instalasi listrik di beberapa daerah di Indonesia.

Dari data Dinas Pemadan Kebakaran dan Penanggulangi Bencana DKI Jakarta, pada 2013 terjadi 1.475 kasus kebakaran yang 699 kasus terjadi akibat  hubungan arus pendek listrik.  Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan kejadian 2012 terjatat 993 kasus.

Damkar DKI Jakarta juga melaporkan warga di daerah padat penduduk terkadang tidak menggunakan  peraltan listrik berstandar SNI. Salah satu di antara yang beredar di pasar yaitu mini circuit breaker (MCB) palsu.

Yona Riana Efendi, Retail Product Manager Schneider Electric mengatakan dalam MCB terdapat 3 komponen yaitu bimetal  untuk pengetrip beban lebih, art chute untuk pemadam  busur api jika terjadi percikan api saat  terjadi pemutusan atau pengaliran kembalia rus listrik  dan magnetic coil yang bekerja bila terjadi arus pendek.

“Ketiga komponen tersebut berperan vital untuk mencegah insiden bahaya akibat listrik lebih,” kata Yola seusai berbuka puasa bersama media di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa malam (1/7/2014).

Salah satu bentuk tanggungjawab sosial perusahaan tersebut untuk menanggapi pemalsuan MCB, yaitu melalui pemusnahan 6.000 MCB palsu pada Oktober tahun lalu.

Selain itu, pihaknya melatih  kurang lebih 8.000 instalator listrik anggota Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia dan mahasiswa jurusan teknik di berbagai wilayah di Tanah Air. Untuk pengamanan rumah, Schneider  Electric memberikan solusi untuk itu.

Ada tiga perangkat wajib digunakan untuk pengaman rumah:

  1. MCB (mini circuit breaker) berguna untuk melindungi jaringan listrik dari beban berlebih dan hubungan arus pendek.
  2. ELCB (earth leakque circuit breaker) berguna untuk melindungi aset dari kebakaran dan anggota keluarga dari bahaya sengatan listrik ketika terpercik air, bersentuhan langsung dengan stop kontak atau kabel terkelupas.
  3. Surge arrester yang berguna untuk melindungi peralatan elektronik seperti televisi, komputer dan telepon/pabx terhadap sambaran petir tidak langsung yang tidak dapat diproteksi oleh lightning rod.
Tag : schneider electric
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top