SMARTPHONE, Ini Kelebihan dan Kekuangan HTC One Mini 2

Lukas Hendra TM
Sabtu, 17 Mei 2014 | 13:38 WIB
HTC membenamkan baterai dengan daya 2.100 mAh yang tidak dapat dilepas sehingga Anda perlu memiliki baterai eksternal (powerbank) ketimbang memilih membeli baterai cadangan. /bisnis.com
HTC membenamkan baterai dengan daya 2.100 mAh yang tidak dapat dilepas sehingga Anda perlu memiliki baterai eksternal (powerbank) ketimbang memilih membeli baterai cadangan. /bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perangkat smartphone asal negeri Tirai Bambu, HTC One M8 telah menyerbu pasar secara agresif. Bahan logam cantik, layar brilian dan perangkat lunak Android termutakhir serta speaker bombastis merupakan keunggulannya.

Namun, bila Anda merasa lebar layar sebesar 5 inci tidak nyaman untuk genggaman Anda, kiranya, produk anyar besutan HTC bisa menjadi pilihan. Produk anyar tersebut dibesut dengan nama One Mini 2.

One Mini 2 juga berbahan aluminium berkelas yang sama dan perangkat lunak Android andalannya dengan user interface Sense. Hanya saja, lebar layar disusutkan menjadi 4,5 inci.

Pertanyaannya, apakah smartphone ini sempurna? Mungkin tidak. Pasalnya, seperti pendahulunya yang dibesut dengan kode mini maka baik prosesor maupun kualitas layar pun ikut disusutkan.

Ya, prosesor dari yang berkecapatan 2,3 gigahertz diturunkan menjadi 1,2 GHz. Kualitas layar pun diturunkan dari 1080p ke 720p.Namun memang, proses penyusutan ini tentu akan berimbas pada harga.

Meski, HTC belum secara resmi berapa banderol bagi smartphone anyar ini, tetapi banyak kalangan berharap harga akan berada di sekitar 300 euro atau sekitar US$500 atau 540 dolar Australia.

Pasalnya, dari spesifikasi yang ditampilkan, pesaing datang dari Motorola lewat produk Moto G 4G LTE yang memiliki biaya setengah dari asumsi pengamat tersebut. Bukan tanpa sebab banderol HTC jauh lebih mahal. Ada semacam premi yang dikenakan bagi produk berbahan logam tersebut.

Hanya saja, produk ini akan beredar di pasaran pada 29 Mei 2014, maka Anda harus ekstra bersabar untuk memperoleh harga konkret dari produk tersebut.

Desain

Sekilas, produk ini sangat mirip dengan One M8. Bahkan hampir tidak ada perbedaan dari sisi luar, kecuali lebar layar yang membedakan kedua produk tersebut.

Produk berbahan aluminium ini memiliki garis hitam melintasi bagian atas dan bawah di bagian belakang. Pemotongan alumunium sepertinya dibuat licin agar nyaman ketika digenggam. Apalagi, desain melengkung yang semakin membuat nyaman di telapak tangan.

Seperti M8, kurva logam di sekitar tepi ada pertemuan sepotong tipis plastik hitam di samping layar. Ini desain premium yang tampak jauh lebih banyak daripada pita tebal plastik HTC yang melilit pada produk One Mini yang diluncurkan pada 2013.

Informasi terakhir, akan ada 3 pilihan warna alumunium, abu-abu gelap, perak dan emas. Meski banyak konsumen yang berharap produk juga tersedia dalam warna merah atau biru.

SuaraTak tanggung-tanggung, perusahaan asal China tersebut membenamkan dual speaker BoomSound pada bagian depan. Artinya, suara ditembakkan langsung ke arah Anda ketika memegangnya sehingga suara tidak diredam saat Anda letakkan di meja.

Sayangnya, One Mini 2 memiliki speaker yang secara fisik lebih kecil dari M8. Padahal, banyak pihak menilai bila speaker M8 merupakan yang terbaik dibandingkan dengan vendor-vendor lainnya.

Penyimpanan

Perangkat ini dilengkapi dengan kapasitas media penyimpanan internal sebesar 16 gigabyte. Namun, kapasitas penyimpanan dapat diperbesar dengan memanfaatkan slot MicroSD di sisi perangkat.

Uniknya, di samping slot MicroSD terdapat slot Nano SIM kartu seluler Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membongkar perangkat bila ingin mengganti kartu.

Hanya saja, Anda perlu mendatangi operator seluler untuk memesan kartu berukuran nano tersebut. LayarLayar One Mini 2 berukuran 4.5 inci dengan kualitas resolusi 1.280x720 pixel.

Meski turun dari kualitras layar M8 yang beresolusi 1080p. Namun, produk ini dibesut dengan kerapatan piksel mencapai 326 pixel per inci, ukuran ini setara dengan iPhone. Tak hanya itu, untuk perlindungan, HTC menggunakan pelindung layar besutan Corning dengan seri Gorilla Glass 3.

Tenaga

Memang, One Mini 2 hanya dibenamkan prosesor besutan Qualcomm seri Snapdragon 400 yang memiliki inti 4 berkecepatan 1,2 GHz. Hampir setengah dari M8 yang menggunakan seri serupa tetapi berkecepatan 2,3 GHz.

Seri Snapdragon 400 menggunakan kartu grafis Adreno 305 sehingga kinerja karto memori RAM sebesar 1 gigabyte akan terdongkrak ketika Anda memutar video HD maupun menjalan game HD.

Bahkan produk ini dibesut dengan software Android terbaru, Kitkat 4.4.2 dengan user interface andalan mereka Sense 6. Bagi para pecinta HTC, tentu saja, hadirnya Sense 6 akan memberi nilai tambah tersendiri. Pasalnya, UI ini memiliki desain yang minimalis sehingga tampak ramping dan begitu mudah digunakan.

Kamera

Tak seperti vendor sebelah yang membenamkan sensor kamera digital single lens reflector (DSLR). HTC lebih memilih membenamkan sensor 13 megapiksel dan meninggalkan sensor ultrapiksel yang dibenamkan di M8.

Awalnya, ultrapiksel diharapkan mampu menangkap cahaya lebih banyak. Namun, pelanggan sepertinya kurang puas dengan teknologi tersebut sehingga HTC kembali membenamkan sensor regular 13 megapiksel dengan aperture f/2.2.

Bahkan, bagi pecinta selfie, HTC membenamkan kamera regular dengan sensor 5 megapiksel yang juga mampu menangkap video dengan kecepatan maksimum 30 frame per detik.

Untuk memberi asupan listrik bagi seluruh perangkat, perusahaan telah membenamkan baterai dengan daya 2.100 mAh yang tidak dapat dilepas sehingga Anda perlu memiliki baterai eksternal (powerbank) ketimbang memilih membeli baterai cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper