BRTI: Indosat Harus Uji Coba E-GSM

Rezza Aji Pratama
Selasa, 13 Mei 2014 | 05:50 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— BRTI menilai Indosat harus melakukan uji coba sebelum menerapkan teknologi extended system for mobile communication (E-GSM).

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) M. Ridwan Effendi mengatakan ini merupakan teknologi baru sehingga perlu dilakukan trial oleh setiap operator yang ingin memanfaatkannya.

Dengan E-GSM, operator bisa memanfaatkan frekuensi code division multiple access (CDMA) untuk perangkat berbasis GSM. “Mereka [Indosa] tetep harus uji coba,” ujarnya, Senin (12/5/2014).

Sebelumnya, Indosat memang dikabarkan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika agar bisa menerapkan skema E-GSM.

Namun, sampai saat ini perusahaan belum mendapatkan jawaban dari pemerintah terkait perizinan ini. Indosat berencana menggunakan frekuensi 850 Mhz yang dipakai oleh Starone untuk layanan GSM.

Pernyataan BRTI ini berbeda dengan yang dikatakan oleh Presiden Direktur dan CEO PT Indosat Tbk. Alexander Rusli. Dia menilai Indosat tidak perlu lagi melakukan ujicoba karena teknologi E-GSM bisa diterapkan dengan mudah asal ada izin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper