Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TEBAK GAJI: Portal Ini Patut Anda Simak

Ingin Tahu Gaji Bos Anda? Begitulah kira-kira bunyi tagline yang dibuat oleh situs Qerja.com, dan diunggah dalam akun Facebooknya, yang dimaksudkan untuk menarik jumlah pengguna portal yang baru diluncurkan pada Kamis (8/5/2014/) tersebut
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 10 Mei 2014  |  03:30 WIB
TEBAK GAJI: Portal Ini Patut Anda Simak
Ilustrasi - www.theguardian.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Ingin Tahu Gaji Bos Anda? Begitulah kira-kira bunyi tagline yang dibuat oleh situs Qerja.com, dan diunggah dalam akun Facebooknya, yang dimaksudkan untuk menarik jumlah pengguna portal yang baru diluncurkan pada Kamis (8/5/2014/) tersebut.

Qerja.com adalah sebuah portal komunitas online pertama di Indonesia untuk berbagi informasi mengenai kondisi tempat kerja dan gaji, sebagai referensi kondisi pasar tenaga kerja lokal bagi perusahaan.

Bersamaan dengan peluncurannya, Qerja.com juga memulai sebuah gerakan perubahan melalui kampanye online yang bertema “HappyQerja” dan telah diikuti oleh berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia seperti Indosat, Mini Cooper Indonesia, BMW Indonesia, Baba Rafi Kebab, Contempo, Linc Logistics, dan Rudy Hadisuwarno.

Latar belakang lahirnya portal ini adalah dari sebuah hasil riset internasional yang menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan di Indonesia kurang puas dengan pekerjaannya.

Lembaga riset Gallup mengungkapkan bahwa terdapat kurang dari 10% karyawan di Indonesia, yang benar-benar merasa puas dengan pekerjaannya.

Sementara hasil riset Accenture di lebih dari 30 negara menunjukkan bahwa karyawan di Indonesia adalah yang paling tidak bahagia di dunia. Hanya sekitar 18% yang puas.

Alasan utama ketidakpuasan tersebut, dari hasil riset itu menyebutkan antara lain, karena kompensasi, work-life balance, dan kesempatan untuk mengembangkan karier.

“Dengan hadirnya Qerja.com, para karyawan dapat berbagi pengalaman di tempat kerja masing-masing. Tujuannya agar setiap anggota dapat mengevaluasi dan mengukur tingkat kepuasan mereka di tempat kerjanya,” tutur Veronika Linardi, Co-founder Qerja.com, Jumat (9/5/2014).

Selain itu, lanjutnya, informasi yang tersaji diharapkan dapat membantu karyawan dan pencari kerja dalam mengambil keputusan yang lebih baik mengenai pilihan jalur karir dan tempat kerja.

Dia menerangkan, Qerja.com menghadirkan review atas berbagai perusahaan di Indonesia mulai dari atmosfer lingkungan kerja hingga informasi data gaji untuk berbagai posisi yang telah dimoderasi untuk menjamin kualitasnya.

“Semua informasi yang tersaji di Qerja.com adalah data riil dari sudut pandang para karyawan. Bagi perusahaan, Qerja.com juga dapat memberikan gambaran kondisi pasar serta referensi tingkat kepuasan karyawan sebagai bahan acuan atau benchmark,” tuturnya.

Rinaldo Augusta yang juga Co-founder Qerja.com menambahkan pihaknya juga membuka kesempatan kepada semua karyawan untuk memberikan saran konstruktif atas hal-hal yang bisa ditingkatkan di lingkungan tempat kerja masing-masing.

“Hal ini akan membantu menciptakan iklim kerja yang lebih positif di Indonesia dan sekaligus meningkatkan kepuasan para karyawan terhadap pekerjaannya,” tuturnya.

Sebagai portal komunitas, Qerja.com tidak mengenakan biaya apapun bagi para pengguna. Pengguna hanya perlu memberikan kontribusi berupa ulasan tempat kerja dan informai mengenai gaji di perusahaan tempat mereka bekerja yang akan ditampilkan secara anonim.

Perusahaan juga bisa mendapatkan manfaat dari Qerja.com sebagai bahan evaluasi mengenai tingkat kepuasan mereka mengingat eratnya kaitan antara tingkat kebahagiaan karyawan dan produktivitas dalam bekerja.

Berangkat dari visi itu pula, Qerja.com menginisiasi gerakan positif bertajuk HappyQerja, sebuah kampanye online yang bertujuan sebagai wadah karyawan mengekspresikan kebahagiaan mereka dalam bekerja dengan cara mengunggah berbagai video atau foto menarik yang menggambarkan suasana bahagia di lingkungan kerja masing-masing melalui alamat web http://www.qerja.com/happy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji website
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top