Pemerintah Siapkan Payung Hukum Pemanfaatan TI dan Komunikasi

Ringkang Gumiwang
Minggu, 13 April 2014 | 18:20 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah tengah menyusun rancangan peraturan presiden (perpres) mengenai e-government sebagai payung hukum dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mempercepat reformasi birokrasi.

Asdep Perumusan dan Koordinasi Pelaksanaan e-Government Kementerian PAN-RB Dwiyoga P. Soediarto mengatakan pemanfaatan teknologi nformasi dan komunikasi sebagai back bone dalam percepatan reformasi birokrasi, mulai menampakkan arah yang jelas.

“Kementerian PAN-RB bersama tim e-govt nasional tengah melakukan penyempurnaan  penyusunan master plan e-government, quick wins, dan quick yields e-government nasional,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (13/4/2014).

Seiring dengan hal tersebut, Dwiyoga mengaku pemerintah juga tengah melakukan pengkajian untuk melakukan moratorium pembangunan aplikasi-aplikasi yang sifatnya generik, misalnya aplikasi kepegawaian dan e-office.

Menurutnya, Kementerian PAN-RB akan mendorong penggunaan sistem administrasi perkantoran maya menjadi satu-satunya e-office yang digunakan secara nasional.

“Kajian moratorium tersebut perlu dilakukan karena saat ini setiap instansi berlomba-lomba untuk membangun aplikasi generik, padahal aplikasi generik tersebut secara business process-nya sama di setiap instansi,” katanya.

Dengan demikian, sambungnya, masing-masing instansi tidak perlu lagi membangun aplikasi generik sendiri-sendiri, tetapi dapat menggunakan aplikasi yang sudah ada, dengan penyempurnaan yang lebih lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper