XL Axiata Selesaikan Akuisisi Axis Dengan Dana Pinjaman US$865 Juta

Rahayuningsih
Kamis, 20 Maret 2014 | 10:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk (XL) mendapatkan pinjaman sebesar US$865 juta untuk membiaya akuisisi PT PT Axis Telekom Indonesia (AXIS).

Dana pinjaman sebesar US$865 juta itu berasal dari Axiata sebagai pemegang saham XL sebesar US$500 juta dan dari pinjaman pihak ketiga yaitu Bank UOB, Bank of Tokyo-Mitsubishi, dan Bank DBS sebesar US$365 juta.

Dana pinjaman tersebut dipergunakan untuk membiayai akuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS) senilai US$865 juta.

Dengan selesainya transaksi tersebut, yang ditandai dengan penandatangan dokumen penyelesaian transaksi pada 19 Maret 2014 antara XL dengan Saudi Telecom Company (STC), maka XL secara resmi menyelesaikan proses akuisisi dan menjadi pemegang saham mayoritas di AXIS.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan pasca rampungnya akuisisi, XL akan melanjutkan dan menyelesaikan serangkaian proses menuju finalisasi merger sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Kami bersyukur dapat mencapai tahap finalisasi akuisisi AXIS. Dengan selesainya transaksi akuisisi ini, maka XL secara resmi menjadi pemegang saham di AXIS.Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi atas dukungan dari berbagai pihak, terutama regulator, pemegang saham dan konsumen XL, dan AXIS, sehingga proses akuisisi ini akhirnya dapat tercapai. Konsolidasi industri telekomunikasi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk memastikan industri telekomunikasi yang sehat dan berkesinambungan,' ujar Hasnul dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (20/3/2014) pagi.

Dia menambahkan akuisisi ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis untuk mendukung dan mewujudkan program pemerintah dalam memperkuat industri telekomunikasi.

Melalui akuisisi dan merger dengan AXIS, XL diharapkan mampu memberikan layanan yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak pelangggan di seluruh Indonesia.

Konsolidasi ini, lanjut Hasnul, juga mendukung tujuan pemerintah untuk merealisasikan program broadband nasional.

"Upaya XL dalam melakukan akuisisi dan merger dengan AXIS ini akan mendukung untuk menciptakan industri telekomunikasi yang lebih sehat dan akan menciptakan efek yang berkelanjutan bagi perekonomian nasional," tutur Hasnul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahayuningsih
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper