Sony Pasok Kamera Depan iPhone

Lukas Hendra TM
Rabu, 12 Februari 2014 | 14:14 WIB
  Sony dikabarkan pasok kamera untuk iPhone /
Sony dikabarkan pasok kamera untuk iPhone /
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Sony berencana memasok sensor foto miliknya untuk dipasang di kamera depan dan belakang produk Apple iPhone generasi selanjutnya. Apple dan Sony dikabarkan tengah melakukan negosiasi terkait pengadaan sensor ini yang direncanakan akan dimulai pada 2015.

Perusahaan asal Jepang itu sudah memasok hampir semua sensor kamera utama (kamera belakang) iPhone saat ini dengan teknologi   complementary metal - oxide semiconductor (CMOS). Namun, kini Apple berencana untuk menggunakan sensor tersebut untuk kamera sekunder (kamera depan) agar pemilik iPhone semakin dimanjakan untuk memotret diri sendiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan foto selfie.

Sony baru saja membeli pabrik baru dengan nilai investasi 25 miliar yen yang kabarnya ditujukan untuk meningkatkan produksi sesuai permintaan Apple. Pembangunan pabrik baru tersebut diperkirakan akan meningkatkan kapasitas produksi Sony sebesar 25%.

Sony sebenarnya telah memasok sensor untuk kamera belakang sejak generasi iPhone 4S, sementara sensor kamera depan dipasok oleh OmniVision. Sekedar informasi, kamera belakang pada iPhone generasi selanjutnya 5S memiliki sensor hingga 8 megapiksel (mpx), sedangkan kamera depan hanya 1,2 mpx.  

Hanya saja, Apple melihat kebutuhan konsumen akan kamera depan berkualitas bagus telah mendapat perhatian dari para pengembang Apple yang bermaskas di Cupertino, Amerika Serikat.

Di sisi lain, kamera dari Sony terkenal sebagai sensor yang mengesankan yakni mampu menyerap cahaya lebih besar dengan penggunaan aperture kecil. Padahal, Apple sedang berupaya agar kameranya mampu menangkap gambar pada cahaya yang minim. Berbeda, Nokia hanya berfokus pada penggunaan megapiksel yang lebih tinggi agar mampu menangkap gambar ketika cahaya minim.

“Masih belum jelas apakah kamera depan buatan Sony akan diterapkan pada iPhone 6. Rumor yang beredar perusahaan akan terus memanfaatkan sensor belakang 8 mpx seperti halnya pada iPhone 5s. Hanya saja, pengguna mengharapkan penggunaan sebuah sensor 10 mpx atau lebih tinggi untuk kamera belakang dengan aperture f/1.8 dan filter lensa ditingkatkan,” tulis situs Macrumors.com, Selasa (12/2/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Macrumors.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper