Blackberry Rilis Update OS 10.2.1, Ini Fitur Terbarunya

Rabu, 29 Januari 2014 | 16:03 WIB
Blackberry mencatat kerugian US$4,4 miliar dan hanya menjual 1,9 juta smartphone pada kuartal III/2013./cnet
Blackberry mencatat kerugian US$4,4 miliar dan hanya menjual 1,9 juta smartphone pada kuartal III/2013./cnet
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Blackberry merilis update OS BlackBerry 10.2.1 terbaru. Versi anyar ini dibekali sejumlah fitur baru dan kompatibel dengan semua smartphone BlackBerry 10. Peluncurannya sudah dimulai sehingga ponsel Anda bisa segera di-update.

Berikut ini daftar lengkap perubahan fitur pada OS BlackBerry 10.2.1:

  • Menyesuaikan Pinch Gesture untuk Saringan BlackBerry Hub – BlackBerry Hub memungkinkan Anda mengakses semua pesan dan notifikasi dalam satu tempat. Sebuah fitur baru memungkinkan Anda secara instan menyaring daftar pesan di Hub tersebut. Anda dapat menyesuaikan Hub untuk hanya menunjukkan Unread Messages, Flagged Messages, Draft Messages, Meeting Invites, Sent Messages, atau Level 1 Alerts. Sekali kriteria filter itu di-setting, Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya dengan pinch gesture dalam daftar pesan Hub.
  • Menyederhanakan Pengalaman Menelepon – Telepon termasuk layar panggilan masuk baru yang bisa disapu ke kiri untuk menjawab atau disapu ke kanan untuk menolaknya. Ikon intuitif baru memungkinkan Anda langsung membisukan panggilan, atau mengirim respons Reply Now lewat BBM, SMS atau email yang tidak bisa Anda langsung jawab. Anda bisa memilih dari daftar respons otomatis standar atau merespons dengan note pribadi.
  • Grup SMS dan Email– Anda kini bisa membuat grup SMS dan email untuk komunikasi broadcast yang lebih efisien.
  • Notifikasi Actionable Lock Screen– Sekarang Anda juga dapat "Tap to open" pesan yang muncul pada layar kunci (lock screen), memungkinkan Anda merespons pesan penting lebih cepat atau mengecek pesan lebih hati-hati.
  • Password Gambar untuk Quick Unlocking – Anda dapat meng-unlock ponsel dengan cepat menggunakan kombinasi gambar dan angka (0-9) pilihan, yang Anda letakkan di titik tertentu pada gambar tersebut. Ketika Anda mencoba untuk unlock ponsel, gambar itu akan muncul bersama dengan kisi angka acak. Untuk unlock, cukup seret kisi itu sehingga angka yang Anda pilih tertulis di titik pilihan pada gambar tersebut.
  • Menyesuaikan Menu Quick Settings – Anda dapat memilih apa yang tampil pada menu Settings, yang termasuk fitur seperti bisa mengubah dengan cepat tingkat keterangan (Brightness) layar smartphone, memilih beragam koneksi jaringan, dan mengakses flashlight. Menu Settings juga termasuk pilihan yang memungkinkan Anda mengalihkan perimeter antara Personal dan Work dengan cepat.
  • Mode Pembacaan Browser Offline – Anda kini dapat menyimpan halaman web yang sedang dibuka untuk dilihat lagi nanti, meskipun jika Anda offline atau tanpa koneksi Internet.
  • Sinkronisasi Kontak Pilihan– Fitur ini bisa digunakan untuk memilih sumber sync Contacts guna memastikan Anda selalu memiliki detil kontak terbaru. Ketika menambahkan sebuah kontak baru, Anda dapat menentukan sumber mana yang ingin disinkronisasi info kontaknya, seperti corporate address book, Gmail, Hotmail, dll.
  • Monitor Ponsel dan Baterei – Monitor perangkat yang baru ini memberikan Anda detil penting mengenai penggunaan baterei, dampak dari instalasi app terhadap daya tahan baterei serta penggunaan memori dan storage, termasuk statistik CPU.
  • FM Radio – Jika Anda punya smartphone BlackBerry Z30, BlackBerry Q10 atau BlackBerry Q5, update OSbaru ini akan membuka (unlock) FM radio built-in pada ponsel tersebut. Anda kini bisa mendengarkan siaran FM lokal, yang tidak membutuhkan koneksi jaringan.
  • Updates Software Otomatis- Update OS bisa diatur untuk berlangsung secara otomatis melalui koneksi Wi-Fi guna membantu memastikan Anda selalu mendapatkan informasi update terbaru.
  • Fitur Enterprise – Ketika mengombinasikan BES10 versi 10.2, pengguna enterprise akan mendapat fitur keamanan tambahan dan IT policies untuk menentukan kapan pengaturan lebih rinci dibutuhkan, seperti untuk industri yang diatur atau organisasi yang bekerja dengan data sensitif. Untuk informasi lebih lanjut soal BES10, bisa kunjungi bes10.com.

BlackBerry menyatakan update 10.2.1 terbaru kini tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel (Z10, Q10, Q5. Porsche Design P'9982) di seluruh dunia. Tentu saja, peluncurannya bertahap, sehingga perlu waktu sebelum update itu masuk ke ponsel Anda, terutama jika bawaan operator.

Menurut bocoran dari roadmap AS, Z10 Verizon mendapat update pada 28 Januari 28, Q10 – pada 4 Februari, Z30 pada 10 Februari. Rencana yang sama juga untuk Z10 dan Q10 dari AT&T yakni pada 10 Februar1, sementara Z10 dan Q10 T-Mobile akan mendapatkan pemberitahuan pada pertengahan Februari.

Adapun pengguna Q10 Sprint akan mendapatkan update OS itu pada akhir Februari. Untuk pasar Indonesia? Belum ada informasi hingga sejauh ini, tetapi Anda akan mendapat notifikasi begitu OS terbaru itu tayang di Blackberry World.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : gsmarena
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper