Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Conmedia 2013, Masa Depan Itu Ada di Media Online

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan konferensi internasional tentang kajian media baru (new media studies/Conmedia 2013) 27 - 28 November 2013, dengan menghadirkan ahli komunikasi dalam dan luar negeri.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 28 November 2013  |  08:07 WIB
Media Online - Theguardian.com
Media Online - Theguardian.com

Bisnis.com, TANGERANG - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan konferensi internasional tentang kajian media baru (new media studies/Conmedia 2013) 27 - 28 November 2013, dengan menghadirkan ahli komunikasi dalam dan luar negeri.

Rektor UMN Ninok Leksono menjelaskan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) sangat pesat memunculkan media baru.

"Media baru dalam bentuk elektronik yang lalu lalang di jaringan Internet merupakan media informasi masa depan. Media yang memiliki footprint yang luar biasa menjangkau berbagai lapisan pembaca dari berbagai kelas dan akan melampaui jumlah pembaca media konvensional," ujarnya, Kamis (28/11).

Ninok menambahkan kemajuan teknologi komunikasi informasi memberikan paradigma baru yang mengubah seluruh cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan.

Perubahan paradigma ini, katanya, telah mempengaruhi media massa, terutama media konvensional.

Ninok mengatakan melalui Conmedia 2013 bisa berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang informasi masa depan media baru.

Pembicara Conmedia 2013 adalah Prof. Tahee Kim dari Yongsan University, Korea, Kuncoro Wastuwibowo Chairman IEEE Indonesia, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit dari Aptikom Indonesia, dan John Cokley dari Swinburne University Australia.

Ketua Conmedia 2013 Hira Meidia mengatakan kegiatan ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan UMN dihadiri 8 pembicara kunci, para profesional, 35 presentasi, dan lebih dari 30 peserta.

Para narasumber ini menyampaikan topik konten media baru, dampak sosial dan politik media digital, citizen journalism, e-learning, konten pendidikan, media bisnis baru, e-commerce, kewirausahaan media baru, industri kreatif, peraturan konversi media, model bisnis baru, teknologi media baru, teknologi digital untuk industri kreatif, teknologi infrastruktur, platform komputasi, teknologi antarmuka pengguna, aplikasi mobile, embedded system, dan komunikasi.

Ninok Leksono mengatakan Conmedia 2013 diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada peserta terutama tiga isu utama yakni teknologi media baru, konten media baru, bisnis media baru.

Dia menjelaskan mengatakan UMN sebagai penyelenggara memiliki visi untuk kemajuan bidang informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) dengan meningkatkan kualitas kurikulum dibidang tersebut.

Terkait dengan media baru Prof. Tahee Kim menjelaskan penyampaian informasi kepada masyarakat kini tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan tanda-tanda (sign) sebagai media.

Kim menyampaikan alat musik seperti piano dapat dipergunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan yang efektif kepada masyarakat.

Dia memperlihatkan video penggunaan media musik dalam menyampaikan informasi penggunaan fasilitas escalator (tangga jalan) yang awalnya sangat susah mengajak masyarakat untuk menggunakan tangga.

Namun,  setelah tangga itu dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mengeluarkan nada di setiap anak tangga yang diinjak, masyarakat dalam video itu kemudian berpindah ke tangga tersebut.

Kim mengatakan banyak ide kreatif dengan memanfaatkan teknologi ICT, tinggal kemampuan untuk menjalankan serta diaplikasikan untuk masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaringan internet media online Internet

Sumber : Antara

Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top