Kebutuhan Data Center Meningkat

Rezza Aji Pratama
Selasa, 26 November 2013 | 19:50 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin pesat membuat kebutuhan perusahaan akan data center juga mengalami peningkatan.

Country Manager System Technology Group  International Business Machine (IBM) Indonesia Gunawan Susanto mengatakan saat ini banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya data center dalam menunjang aktivitas bisnis mereka.

“Perusahaan yang sebelumnya menjalankan aktivitasnya dengan cara konvensional mulai masuk fase ‘melek’ teknologi informasi,” ujar Gunawan hari ini, Selasa (26/11/2013).

Dia melanjutkan, potensi pangsa pasar data center di luar Jakarta maupun perusahaan di Jakarta yang mau ekspansi cukup besar. Menurutnya, perusahaan ini kesulitan untuk membangun data center karena memakan waktu 6 bulan sampai 1 tahun.  Waktu ini dinilai cukup lama apalagi masih harus menunggu implementasinya.

Beberapa sektor industri yang potensial menurut Gunawan adalah perusahaan manufaktur, distribusi dan agribisnis yang mulai menggeliat 2-3 tahun terakhir. Ia mencontohkan, perusahaan perkebunan yang akan melakukan ekspansi membutuhkan penyimpanan data produksi serta operasional.

Meski demikian, ia melanjutkan banyak perusahaan kecil yang hanya membutuhkan sistem kecil untuk bisa berjalan. Perusahaan seperti ini biasanya hanya membutuhkan beberapa server dengan satu rak. Jika dengan kebutuhan itu perusahaan terkait harus membangun data center menurut Gunawan tidak efisien.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper