Samsung Catat Rekor Keuntungan Berkat Galaxy dan Kartu Memori

John Andhi Oktaveri
Jumat, 25 Oktober 2013 | 09:17 WIB
Samsung Galaxy Note 3/Bisnis/Nurul Hidayat
Samsung Galaxy Note 3/Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan teknologi terbesar di Asia, Samsung Electronics Co, mencatat rekor keuntungan tertinggi selama 3 triwulan setelah produk telepon pintar Galaxy dengan harga lebih murah disambut antusias pasar dan menguatnya harga kartu memori.

Pendapatan bersih, di luar minority interest, naik 25% menjadi 8,05 triliun won (US$7,6 miliar) selama triwulan ketiga, menurut laporan perusahaan yang berbasis di Suwon, Korea Selatan tersebut sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (25/10/2013). Rata-rata analis yang disurvei Bloomberg memprediksi pendapatan perusahaan itu 7,94 triliun won.

Penjualan telepon pintar murah di negara berkembang seperti China, Amerika Selatan dan Eropa bagian timur mampu menutup penurunan permintaan akibat harga handset canggih terbaru yang tinggi.

Kinerja itu juga menutupi kerugian akibat persaingan dengan iPhone keluaran Apple Inc. serta menyusutnya margin keuntungan dari produk televisi.

Harga chip naik bulan lalu di tengah kesulitan suplai setelah terjadi kebakaran di pabrik SK Hynix Inc. di China, sedangkan Samsung mulai menjual jam pintar Galaxy Gear  untuk meningkatkan permintaan atas produk pelengkap penampilan.

Saham Samsung turun 0,4% menjadi 1.443,000 won pada pukul 10.00 waktu setempat atau puklul 08.00 WIB. Saham tersebut turun 5,3% tahun ini, sedangkan indeks Kospi menguat 1,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper