Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AT&T Jual 9.700 Tower Ke Crown Castle Senilai US$4,45

Perusahaan telepon terbesar AS, AT&T Inc. sepakat untuk menjual atau menyewakan 9.700 tower nirkabel kepada Crown Castle International Corp. (CCI) senilai US$4,85 miliar dalam upaya mencari dana untuk ekspansi usaha di Eropa.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 Oktober 2013  |  08:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan telepon terbesar AS, AT&T Inc. sepakat untuk menjual atau menyewakan 9.700 tower nirkabel kepada Crown Castle International Corp. (CCI) senilai US$4,85 miliar dalam upaya mencari dana untuk ekspansi usaha di Eropa.

Crown Castle akan membeli 600 tower milik AT&T dan mendapatkan hak eksklusif untuk menyewa dan mengoperasikan sekitar 9.100 tower lainnya selama rata-rata 28 tahun, menurut laporan perushaan itu sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (21/10/2013). Sementara itu Crown Castle menyatakan pihakny akan memiliki opsi untuk membeli tower sewaan senilai US$4,2 miliar mulai 2032.

Penjualan itu akan memperkuat neraca AT&T melalui perbaikan jaringan senilai US$14 miliar dan merencanakan pembelian saham kembali saham (stock buyback) senilai lebih dari US$11 miliar dan berencana melakukan sejumlah akuisisi di Eropa. CEO AT&T, Randall Stephenson saat berbicara di sebuah pameran industri telepon di Brussels awal bulan ini menegaskan keinginannya untuk mengubah kebijakan nirkabel untuk merangsang minat untuk berinvestasi di bidang perbaikan jaringan berkecepatan tinggi.

“Keputusan ini memberi mereka dana tunai dan keleluasaan keuangan,” ujar Roger Entner, seorang ahli strategi nirkabel pada Recon Analytics in Dedham, Massachusetts. Dia menambahkan bahwa langkah itu juga akan membuat mereka tidak perlu memiliki tower, yang bukan merupaan bisnis inti perusahaan penyedia layanan. Menurutnya, sebuah perusahaan  supermarket tidak perlu memiliki gedung supermarket untuk enjadi pelaku usaha tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telepon pt tower bersama infrastructure

Sumber : Bloomberg

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top