Google Raup Ratusan Miliar Dolar AS, Ini Dia Sumbernya

Sepudin Zuhri
Kamis, 10 Oktober 2013 | 16:39 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google berdiri sejak 1998 ketika 2 orang memutuskan untuk membuat mesin pencari (search engine).

Saat ini, Google menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling sukses di dunia. Bagaimana Google mencipatkan uang? Berapa banyak uang yang sudah dikumpulkan dan di mana uang itu digunakan?

Seperti dikutip dari http://www.therichest.com, Jadi bagaimana Google bisa ada? Pada 1996, ketika Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Stanford dan mulai bekerja pada mesin pencari bernama BackRub.

Pada 15 September 1997, kata Google.com terdaftar sebagai domain. Nama berasal dari istilah matematika "googol" yang merupakan nomor diwakili oleh angka 1 diikuti oleh 100 angka nol.

Hal itu juga dimaksudkan untuk melambangkan ambisi mereka untuk mengatur struktur dari jumlah yang tampaknya tak terbatas dari data yang tersedia di Internet.

Mesin pencari Google itu dilepas pada Desember 1998, PC Magazine mengakui sebagai mesin pencari pilihan di Situs Web Top 100 pada 1998 karena kemampuannya untuk memberikan hasil yang sangat relevan.

Kemudian perusahaan itu terus berkembang dan pada Februari sudah memiliki kantor, staf dan merekrut 1 orang koki.

Pada Oktober 2000, Google memperkenalkan stragegi pemasaran yaitu AdWords kepada pelanggan. Mereka juga memperkenalkan Google dalam beberapa bahasa.

Perusahaan tumbuh lebih dan lebih, meluncurkan Google Images pada Juli 2001, Google Zeitgeist pada Desember 2001, Google Labs pada Mei 2002 dan Google News pada September 2002. Gmail diikuti pada April 2004. Hal ini akan diikuti oleh lebih banyak fitur termasuk Google Calendar, Google Translate dan Google Wallet.

Pada tahun 2007 Google disebut oleh Forbes sebagai perusahaan terbaik untuk tempat bekerja .

Saat ini, diperkirakan 300 juta orang per hari menggunakan mesin pencari Google untuk meluncurkan lebih dari 2 miliar query, sehingga mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Kata Google sudah identik dengan Internet.

Pada akhir 2004, Google telah memperoleh US$1,837 miliar. Akhir 2005, pendapatan Google US$6,137 miliar. Pada 2006, US$10,61 miliar, 2007 US$16,59 miliar, 2008 US$21,86 miliar, 2009 US$23,64 miliar, 2010 US$29,32 miliar, 

Pada akhir 2011, Google menghasilkan US$37,1 miliar. Dan pada akhir 2012, sebesar US$51,38 miliar. Semester I/2013 US$28,08 miliar.

Itulah hal yang lucu. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan uang mereka.

Mereka telah mencoba memberikan begitu saja, tapi ada begitu banyak. Selain menjalankan bisnis mereka, Google tidak kekurangan pekerjaan filantropis baik .

Pada awal 2004, Google membentuk Google.org filantropis nirlaba, memberikan dana start-up US$1 miliar. Hal itu dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran dan fokus pada perubahan iklim dan kesehatan masyarakat global dan kemiskinan.

Pada 2008 Google meluncurkan "Project 10100" untuk menerima ide-ide untuk bagaimana membantu masyarakat.

Google setiap tahunnya menyumbangkan US$20 juta untuk berbagai kegiatan amal lokal dan asing dan telah memberikan uang kepada kelompok-kelompok.

Namun, uang bukanlah salah satu masalah bagi Google, karena diperkirakan pada tahun ini Google akan meraih keuntungan sekitar US$57 miliar.

Lalu, dari mana uang itu? Apakah Anda ditagih uang ketika menggunakan Google? Tentu tidak, jadi bagaimana Google membuat uang? Jawabannya adalah dalam iklan.

"Kami menghasilkan pendapatan terutama dengan memberikan relevan, iklan online yang hemat biaya," perusahaan sering mengatakan dalam laporan mereka seperti biasa kepada pemegang saham.

Iklan di Internet memiliki keuntungan atas iklan tradisional (yang ditayangkan melalui TV dan radio atau dicetak di koran).

Untuk iklan dicetak atau di TV, Anda tidak bisa yakin Anda menargetkan pemirsa yang Anda inginkan untuk mencapai iklan itu.

Namun, untuk iklan Internet itu berbeda karena iklan Anda dapat diarahkan audiens target Anda, misalnya Anda dapat menempatkan iklan untuk rumah untuk dijual di bagian rumah dari sebuah situs web, atau iklan untuk roti di sebuah website yang didedikasikan untuk makanan.

Google juga memiliki rencana yang berbeda untuk anggaran iklan yang berbeda dengan AdWords mereka.

Diperkirakan pendapatan Google berasal setidaknya 96% dari iklan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper