Traffic Internasional Melonjak, Indosat Bangun Kabel Laut

Galih Kurniawan
Kamis, 10 Oktober 2013 | 17:51 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT.Indosat Tbk akan membangun koneksi dari sistem kabel bawah laut APX West ke stasiun kabel laut milik perseroan di kawasan Ancol Jakarta.

Dengan pembangunan koneksi baru itu, kapasitas komunikasi Indosat ke Singapura bakal meningkat. Perseroan juga memiliki opsi untuk meningkatkan kapasitas komunikasi ke pasar Australia melalui Perth.

Rencana pembangunan itu telah diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT.Indosat Tbk dan SubPartners Pty Ltd (SubPartners) di Jakarta, Kamis (10/10/2013). Indosat pun akan ikut dalam pengembangan sistem kabel bawah laut APX-West yang akan menghubungkan Perth, Australia ke Changi Utara, Singapura.

APX-West adalah bagian dari proyek pembangunan kabel laut APX Project yang juga menghubungkan Sydney dan Amerika Serikat sebagai bagian dari APX-East. Indosat menjadi satu-satunya operator APX-West dan mitra penjualan berlisensi di Indonesia.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, mengatakan kerja sama pengembangan kabel laut itu dilakukan untuk memperkuat kualitas infrastruktur jaringan internasional. Kerja sama itu juga menjadi bagian dari strategi Indosat dalam meningkatkan kapasitas layanan data lantaran pertumbuhan traffic komunikasi data internasional yang terus meningkat.

“Ini juga memberikan Indosat akses ke teknologi kabel laut terbaru dan beragam rute tambahan dari Jakarta ke Singapura,” ujarnya.

Dia menambahkan koneksi jaringan kabel laut Indosat ke APX-West akan menambah jaringan kabel bawah laut internasional Indosat yang sudah ada seperti Jakarta-Kalimantan-Batam-Singapura), South East Asia - Middle East-West Europe dan Asia-America Gateway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper