Samsung Galaxy Tab 3 Kids, Tablet yang Ramah Anak-anak

Rabu, 4 September 2013 | 09:34 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Anak-anak masa kini makin gandrung bermain tablet karena banyak aplikasi game menarik. Sayangnya, perangkat itu umumnya tidak dirancang khusus untuk mereka.

Kelemahan ini disadari Samsung. Karena itu, produsen elektronika dan teknologi informasi asal Korea Selatan tersebut merancang tablet khusus untuk anak-anak, yakni Galaxy Tab 3 Kids.

Tablet baru ini sebenarnya sama dengan tablet 7 inci Samsung, tetapi dengan warna kuning mencolok, Android 4.1 yang dirancang khusus bagi anak-anak, pengaturan oleh orang tua (parental control), dan casing yang nyaman digenggam tangan si mungil.

Jika melihat Samsung Galaxy Tab 3 7 inci, jelas bahwa tablet kelas menengah itu ditujukan bagi  orang dewasa. Dibandingkan dengan tablet anak-anak seperti InnoTab 3, LeapPad Ultra, dan Kids Tablet Polaroid, tablet Samsung itu sepertinya lebih bertenaga.

Samsung Galaxy Tab 3 Tabs diperkuat dengan prosesor dual core 1,2 GHz, RAM 1 GB, dan layar 7 inci beresolusi 1024 x 600. Spek ini tentu saja cukup kuat di pasar yang umumnya dijejali dengan tablet 6 inci, termasuk keberadaaan fitur Wi-Fi.

Tablet itu juga dibekali dengan kamera belakang 3 megapiksel dan depan 1,3 megapiksel, berikut memori internal 8 GB, slot microSD, Bluetooth, dan konektivitas Wi-FI.

Dalam merancang tablet ramah anak-anak ini, Samsung menambahkan skin sederhana ke Android 4.1 yang membuat sistem operasi mobile itu hampir tidak dikenali kecuali untuk pilihan layanan Google.

Warna cerah, ilustrasi lucu, dan tombol besar menjadi ciri khas tablet itu, sehingga tampak seperti mainan dari Nickelodeon daripada tablet Android pada umumnya.

Karena tablet yang dipegang anak-anak rentan terjatuh atau tergores, Samsung membungkusnya dengan semacam karet pelindung untuk perangkat berukuran 111,1 x 188 x 9,9 mm itu.

Tambahan Kids Case juga tersedia untuk meletakkan tablet itu, termasuk stylus C Pen yang mudah digunakan anak-anak.

Agar orang tua tenang, tablet itu dibekali cukup banyak pengaturan guna memastikan si buah hati tidak nyasar ke situs-situs terlarang atau lupa waktu. Pengaturan itu termasuk pembatasan waktu pemakaian (yang membutuhkan password orang tua), dan pilihan untuk memblokir penggunaan app tertentu.

Samsung Galaxy Tab 3 Kids sudah disertai dengan sejumlah app paling digemari oleh anak-anak, ada juga tambahan Kid's Store di samping Samsung Apps.

Samsung belum merilis harga tablet itu, tetapi Galaxy Tab 3 Kids dipastikan masuk pasar Korea Selatan pada awal September ini, disusul peluncuran di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : gizmag
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper