Harteknas 2013 Usung Tema Hankam dan Kedirgantaraan

Febrany D. A. Putri
Sabtu, 10 Agustus 2013 | 21:10 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Riset dan Teknologi menetapkan dua bidang sebagai tema besar yang diusung pada gelaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18 pada tahun ini, yakni pertahanan dan kedirgantaraan.

Menurut siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (10/8/2013), kedua bidang tersebut dipilih untuk merayakan keberhasilan pembuatan dan penerbangan pesawat N250 Gatotkaca, tepatnya pada 10 Agustus 1995, yang dirintis oleh Menristek saat itu yakni B.J. Habibie.

Untuk gelaran pada tahun ini, Kemenristek mengusung beberapa teknologi dan hasil riset hankam dan kedirgantaraan yakni Pesawat Udara Nir Awak (PUNA), satelit LAPAN A2, dan roket LAPAN RX 550.

Adapun, beberapa tahun belakagan Kemenristek mendorong penciptaan beberapa produk iptek yang mampu mendukung industri dalam negeri seperti mobil listrik, converter kit, e-KTP, e-voting, radioisotop, ultrasonografi, vaksin, jarum suntik, mesin pengering gabah, dan teknologi lainnya.

Hakteknas ke-18 akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 29 Agustus-1 September 2013. Selain pameran RITECH Expo, Kemenriste juga mengadakan Rakornas Ristek 2013, berbagai workshop, kompetisi roket air, dan fun bike.

Selain itu, akan diberikan beberapa penghargaan iptek kepada individu, lembaga dan daerah yang memiliki kontribusi inovasi riset dan iptek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper