Penjualan Ponsel Pintar Tembus 230 Juta Unit

Thomas Mola
Jumat, 26 Juli 2013 | 21:00 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga riset Strategy Analytics mengatakan penjualan ponsel pintar di  dunia tumbuh 47% menjadi  mencapai 230 juta unit pada kuartal II/2013. Vendor asal Asia menempatkan empat wakilnya untuk posisi lima teratas.

Samsung memimpin dengan menguasai sepertiga pangsa pasar dari keseluruhan ponsel pintar dunia, sementara pangsa pasar Apple jatuh ke level terendah selama 3 tahun terakhir.

Analis Senior Strategy Analytics Neil Shah mengatakan pertumbuhan pengiriman ponsel pintar pada kuartal II/2013 menjadi yang tertingi dalam suatu kuartal.

"Pengiriman smartphone global tumbuh 47% per tahun dari 156,5 juta unit di kuartal II/2012 menjadi 229,6 juta unit di kuartal II/2013. Ponsel pintar menyumbang 59% dari semua ponsel dikirim secara global," ujar Shah dalam situs resmi Strategy Analytics hari ini, Jumat (26/7/2013).

Shah mengatakan pertumbuhan pengiriman ponsel pintar ditopang oleh lonjakan permintaan untuk model 4G di daerah maju seperti Amerika Serikat dan model 3G di pasar negara berkembang seperti India.

Direktur Eksekutif Strategy Analytics Neil Mawston mengatakan permintaan tertinggi ponsel pintar Samsung dicatat oleh Galaxy S4 yang mengalami peningkatan di China dan di seluruh dunia sehingga membantu mengangkat volume penjualan.

"Samsung tumbuh 56% per tahun dan mengirim 76,0 juta ponsel pintar di seluruh dunia, menangkap 33% pangsa pasar di kuartal II/2013," ujarnya.

Apple mengirim 31,2 juta iPhone di seluruh dunia pada kuartal II/2013, atau naik dari 26,0 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pangsa pasar Apple secara global sebesar 14% berada pada tingkat terendah sejak kuartal II/2010.  Mawston mengatakan Apple beresiko terjebak dalam persaingan dengan Android 3 inci di level low-end dan 5-inci di level high-end.

Analis Strategy Analytics Linda Sui mengatakan LG menjadi bintang untuk pengiriman ponsel pintar global dengan naik dua kali lipat menjadi 12,1 juta unit pada kuartal II/2013. LG menangkap 5% pangsa pasar dan mempertahankan posisinya sebagai vendor ponsel pintar terbesar ketiga di dunia.

"Optimus dan model Nexus telah menjadi pendorong utama keberhasilan LG. Jika LG dapat memperluas kehadiran ritel dan pemasaran di negara-negara besar seperti Amerika Serikat atau China, LG secara perlahan bisa menantang Apple untuk posisi kedua," ujar Sui.

Strategy Analytics juga mencatat  ZTE mengirimkan 11,5 juta ponsel pintar ke seluruh dunia dan memperoleh 5% pangsa pasar pada kuartal II/2013. ZTE menjadi vendor ponsel pintar terbesar keempat di dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pertumbuhan ZTE terutama didorong oleh kinerja yang kuat di pasar China.

Adapun, Huawei berhasil mengirimkan 11,1 juta ponsel pintar dan memperoleh 5% pangsa pasar pada kuartal II/2013. Huawei menempati posisi kelima untuk pangsa pasar ponsel pintar global. Strategy Analytics menyimpulkan dengan Huawei di posisi kelima, ZTE di keempat, LG dan Samsung di posisi ketiga di pertama, pasar ponsel pintar global sekarang didominasi oleh merek berbasis Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper